Rabu 24 Aug 2016 12:21 WIB

Tontowi Sempat Bujuk Liliyana tak Gantung Raket Tahun Ini

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Damanhuri Zuhri
Liliyana Natsir dan Tontowi Ahmad
Foto: Mike Blake/Reuters
Liliyana Natsir dan Tontowi Ahmad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Olimipade 2016 dipastikan menjadi penampilan terakhir Liliyana Natsir dalam pentas olahraga dunia yang digelar tiap empat tahun sekali tersebut. Di usianya yang sudah menginjak 31 tahun, Liliyana sudah mulai memikirkan pensiun dari bulutangkis.

Dia sadar, di usianya tersebut, tubuhnya tak sekuat dahulu. Sementara, untuk menjadi atlet dibutuhkan stamina prima, kecepatan dan kekuatan untuk memenangkan pertandingan.

Liliyana rencananya tak akan bertanding dalam Sea Games 2017 di Malaysia. Namun, menurutnya, rencana pensiun itu tak disetujui pasangan mainnya, Tontowi Ahmad.

"Kemarin saat di pesawat, dia bilang ke saya 'Cik, jangan berhenti dulu. Kita masih bisa'," kata Liliyana menirukan kalimat Tontowi.

Namun begitu, atlet yang akrab disapa Butet itu mengaku belum memikirkan secara matang rencana pensiunnya. Sebab, ia masih harus berdiskusi dulu dengan keluarga dan pelatih.

Menurut Liliyana, pelatihnya sebenarnya ingin agar ia tak gantung raket cepat-cepat. Namun demikian, Liliyana tak mau memaksakan diri tetap bertanding di usianya yang tak lagi muda untuk ukuran atlet.

"Saya enggak mau menjalankan kalau stamina saya sudah enggak prima lagi. Saya inginnya setiap kali turun ya harus menyumbangkan medali," kata dia, usai diterima Presiden Jokowi di Istana Merdeka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement