Senin 15 Aug 2016 14:24 WIB
Olimpiade 2016

Ganda Campuran Indonesia Kian Dekat dengan Medali Olimpiade 2016

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Bilal Ramadhan
Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.
Foto: PBSI
Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

REPUBLIKA.CO.ID, RIO DE JANEIRO — Pertarungan cabang olahraga bulu tangkis dalam Olimpiade Rio de Janeiro 2016 telah memasuki masa-masa genting. Dari empat nomor pertandingan bulu tangkis, ganda campuran Indonesia kian dekat dengan medali Olimpiade 2016.

Pasangan Liliyana Natsir/Tontowi Ahmad berhasil mengamankan tiket semifinal usai melawan rekan senegara, Praveen Jordan/Debby Susanto. Mereka berhasil menang dua set langsung dengan skor 21-16, 21-11.

Di babak semifinal nanti, ganda campuran yang akrab disapa Butet/Owi akan berhadapan dengan ganda campuran Cina Zhang Nan/Zhao Yunlei. Perebutan tiket final tersebut akan digelar di Riocentro Pavilion 4, Selasa (16/8) pagi WIB.

Manajer Timnas Bulu Tangkis Indonesia Rexy Mainaky optimistis Butet/Owi dapat menaklukan Zhang/Zhao di babak semifinal. Sebab, Butet/Owi masih beberapa persen lebih unggul dibanding ganda campuran Cina tersebut.

Menurut Rexy, Zhang/Zhao tidak mengalami perubahan yang signifikan sejauh ini. Sementara Butet/Owi sudah mengalami jatuh bangun hingga mereka bangkit lagi. “Tontowi semangatnya luar biasa. Namun tetap saja harus waspada,” ujar Rexy, dikutip dari laman resmi Badminton Indonesia, Senin (15/8).

Selain itu Rexy juga menilai penampilan Praveen/Debby cukup konsisten. Saat di babak penyisihan, Rexy mengatakan, Zhang sudah siap menghadapi smes dari Praveen.

“Sementara Praveen setelah smash tidak ada follow up. Itulah bedanya mereka dengan Zhang/Zhao yang lebih berpengalaman di olimpiade, Zhang/Zhao juara bertahan pula,” katanya.

Sementara itu, atlet tunggal putra Tommy Sugiarto bertanding di babak 16 besar. Ia akan berhadapan dengan tunggal putra Inggris Rajiv Ouseph di Riocentro Pavilion 4, Selasa (16/8) pagi WIB.

Tommy menjalani persiapan bertanding yang lebih fokus pada recovery atau pemulihan dan menunggu jadwal pertandingan selanjutnya. “Sejauh ini penampilan Tommy sudah lumayan, permainannya sudah keluar,” ujar pelatih Tommy, Toto Sunarto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement