Senin 30 May 2016 13:45 WIB

Dua Pasangan Baru Pelatnas Beda Nasib

Pasangan baru Pelatnas, Rian Agung Saputra/Greysia Polii
Foto: PBSI
Pasangan baru Pelatnas, Rian Agung Saputra/Greysia Polii

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatnas menguji dua pasangan baru untuk turun dari babak kualifikasi turnamen BCA Indonesia Open Super Series Premier 2016 di Istora Senayan Jakarta, Senin (30/5). Dua pasangan baru ini masing-masing di sektor ganda putra dan ganda campuran.

Di ganda putra, Pelatnas memasangkan Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira dengan Hafiz Faisal. Sebelumnya, Wahyu berpasangan dengan Ade Yusuf yang sedang sakit. Sedangkan Hafiz Faisal merupakan pemain spesialis ganda campuran berpasangan dengan Shella Devi Aulia.

Berpasangan pertama kalinya, membuat Wahyu dan Hafiz masih terlihat belum 'klop' di lapangan. Beberapa kali juga terjadi salah pengertian dalam mengambil bola dalam melawan pasangan Indonesia lainnya, Willian Estan/Kevin Ezra di babak awal kualifikasi.

Meski terus tertinggal, Wahyu/Hafiz mampu mencuri empat angka beruntun untuk mengejar ketertinggalan saat kedudukan 15-18 dan berbalik unggul dengan 19-18. Wahyu/Hafiz memenangkan gim pertama dengan 21-19.

Pada gim kedua, Wahyu/Hafiz sempat unggul 6-2. Namun sejak Willian/Kevin mampu menyamakan kedudukan menjadi 6-6, perebutan angka pun berjalan alot dan saling mengungguli.

Wahyu/Hafiz sempat menyentuh match point terlebih dahulu dengan 20-19. Tapi Willian/Kevin mampu mencuri satu angka untuk memaksakan deuce menjadi 20-20. Wahyu/Hafiz tak membiarkannya dan menyudahi perlawanan juniornya itu dengan 22-20.

"Tadi kita masih belum bisa ketemu pola permainan kita. Ini baru pertama," kata Wahyu Nayaka yang ditemui usai pertandingan.

Ia mengakui masih banyak yang harus dikomunikasikan lagi mengenai pola permainan di lapangan. Apalagi ia dan Hafiz dari pola permainan yang berbeda. Ia terbiasa dengan permainan ganda putra, sedangkan Hafiz di ganda campuran. "Persiapannya juga hanya dua minggu," ujarnya.

Senada dikatakan Hafiz. Ia berupaya untuk menyesuaikan pola permainannya dengan Wahyu. Namun begitu ia mengaku tidak terbebani untuk turun juga di sektor ganda putra, meski berjanji akan memberikan hasil yang terbaik.

"Target pribadi tidak ada, yang penting masuk babak utama saja dulu," kata Hafiz.

Hasil berbeda ditunjukkan pasangan baru Pelatnas lainnya yaitu di ganda campuran, Rian Agung Saputra/Greysia Polii. Selama ini Ryan Agung bermain di ganda putra berpasangan dengan Berry Angriawan. Sedangkan Greysia Polii di ganda putri bersama Nitya Krishinda Maheswari.

Greysia juga pernah dicoba untuk bermain di ganda campuran pada turnamen BCA Indonesia Open SSP 2015 lalu berpasangan dengan Kevin Sanjaya Sukamuljo. Pasangan ini membuat kejutan dengan mengalahkan pasangan peringkat satu dunia asal Cina, Zhang Nan/Zhao Yunlei di babak pertama.

Akan tetapi pasangan tersebut terhenti di babak kedua dikalahkan pasangan Korea Selatan, Lee Yong Dae/Shin Seung Chan.

Berpasangan dengan Rian Agung, rupanya tidak membuat keberuntungan lagi bagi Greysia. Pasangan Rian/Greysia harus takluk di tangan Ardiansyah/Devi Tika Permatasari di babak awal kualifikasi dengan 17-21 dan 17-21.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement