Jumat 20 May 2016 23:23 WIB

Lolos ke Final, Pemain Denmark 'Bersujud' di Tengah Lapangan

Pemain Denmark, Emil Holst yang menjadi penentu kemenangan Denmark atas Malaysia dan lolos ke babak final Piala Thomas 2016, Jumat (20/5)
Foto: BWF
Pemain Denmark, Emil Holst yang menjadi penentu kemenangan Denmark atas Malaysia dan lolos ke babak final Piala Thomas 2016, Jumat (20/5)

REPUBLIKA.CO.ID, KUNSHAN -- Tim Thomas Denmark lolos ke babak final untuk sembilan kalinya di Piala Thomas. Denmark bekerja keras untuk mengalahkan tim Thomas Malaysia hingga partai kelima dengan 3-2.

Partai pertama mempertemukan pemain tunggal pertama Denmark, Viktor Axelsen yang gagal menaklukkan pemain veteran Malaysia, Lee Chong Wei dengan 21-23 dan 18-21. Malaysia unggul lebih dulu dengan 0-1.

Malaysia memperpanjang keunggulannya menjadi 0-2 setelah pasangan ganda putra pertama mereka, Goh V Shem/Tan Wee Kiong mengalahkan Mathias Boe/Mads Conrad Petersen dengan 18-21 dan 18-21.

Denmark memperpendek ketertinggalan dengan mencuri partai ketiga melalui Hans Kristian Vittinghus yang mengalahkan pemain Malaysia, Zainuddin Iskandar Zulkarnain dengan 21-18 dan 21-18. Kedudukan pun menjadi 1-2

Denmark juga menyamakan kedudukan menjadi 2-2 melalui pasangan Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen yang mengalahkan pasangan veteran Malaysia, Koo Kien Keat/Tan Boon Heong dengan 10-21, 21-8 dan 21-13.

Saat menang, Anders meluapkan kegembiraannya dengan mematahkan raketnya di tengah lapangan. Wasit menghadiahi Anders dengan memberikan kartu kuning.

Kemenangan Denmark ditentukan di partai kelima melalui Emil Holst yang mengalahkan Chong Wei Feng dengan 21-15 dan 21-18. Denmark pun memenangkan pertandingan dengan kedudukan 3-2 melawan Malaysia.

Para pemain Denmark pun menyerbu masuk ke tengah lapangan untuk memeluk Emil dan merayakan kemenangan mereka untuk lolos ke babak final. Bahkan usai menyalami Chong Wei Feng, Emil terlihat bersujud di tengah lapangan untuk mensyukuri kemenangannya dan timnya.

Di babak final, Denmark akan melawan Indonesia yang di babak semifinal mengalahkan Korea Selatan dengan 3-1. Pertemuan tim Thomas Indonesia dan Denmark di babak final Piala Thomas 2016 merupakan kelima kalinya. Empat pertemuan sebelumnya yaitu di babak final Piala Thomas 1964, 1973, 1979 dan 1996. Empat pertemuan tersebut seluruhnya dimenangkan Indonesia dan meraih Piala Thomas.

Denmark sendiri belum pernah meraih Piala Thomas sekalipun. Dari delapan kali prestasinya lolos ke babak final Piala Thomas, Denmark harus puas menjadi finalis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement