Jumat 20 May 2016 16:32 WIB

Tekuk Korea 3-1, Tim Thomas Indonesia Melaju ke Final

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Citra Listya Rini
Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan
Foto: dok. Humas PP PBSI
Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan

REPUBLIKA.CO.ID, KUNSHAN -- Tim Thomas Indonesia berhasil melaju ke babak final Piala Thomas 2016, usai menekuk tim Thomas Korea dengan skor 3-1. Pada babak semifinal yang berlangsung di Kunshan Sport Center, Cina, Jumat (20/5), Indonesia mencuri tiga poin kemenangan dari dua nomor ganda dan satu nomor tunggal. 

Kemenangan pertama disumbangkan dari pasangan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan. Turun di partai kedua, Hendra/Ahsan berhasil menaklukkan Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong melalui straight game dengan skor 21-15, 21-12.

Setelah sebelumnya sempat kalah dari wakil Hong Kong, Or Chin Chung/Tang Chun Man, di babak perempat final, pasangan Juara Dunia 2015 ini kembali membuktikan kemampuan mereka. Hendra mengungkapkan ada strategi khusus yang digunakan dalam menghadapi Lee/Yoo. Salah satunya, kata dia, dengan banyak melakukan dropshot ke arah lawan. 

"Kami tak mau mengingat kekalahan kemarin saat melawan wakil Hong Kong, kami hanya fokus untuk pertandingan hari ini dan bagaimana caranya menang,” kata Hendra.

Di partai ketiga, pemain tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting menyumbangkan poin kedua setelah menundukkan Lee Dong Keun melalui dua game langsung dengan skor 21-18 21-18. Meskipun melawan pemain yang memiliki peringkat lebih tinggi, namun Anthony mampu mengimbangi perlawanan Lee.

Usai pertandingan, Anthonu mengaku kemenangan Hendra/Ahsan membuatnya termotivasi untuk menunjukkan yang terbaik di lapangan. Meski belum pernah bertemu Lee, namun Anthony sudah mempelajari permainannya. 

"Saya tidak terlalu memikirkan mau nyumbang poin banget, nanti jadinya saya tegang. Saya sudah pelajari permainan dia waktu melawan Iskandar (Malaysia). Dari situ saya tahu di mana kelebihan dan kekurangannya, sehingga saya bisa memperbaiki diri," kata Anthony.

Di partai keempat, pasangan ganda Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi menyempurnakan kemenangan tim Thomas Indonesia menjadi skor 3-1 atas Korea. Angga/Ricky menyumbangkan poin untuk Indonesia, usai mengalahkan Kim Gi Jung/Kim Sa Rang melalui dua game langsung dengan skor 21-15 21-18. 

Sementara itu, di partai pertama pemain tunggal putra Jonatan Christie gagal menyumbang poin untuk Indonesia. Jonatan gagal mengatasi perlawanan Son Wan Ho dan kalah dengan skor 10-21 16-21.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement