Jumat 20 May 2016 09:28 WIB

Indonesia Berani Turunkan Para Pemain Muda di Semifinal

Ketua Umum Persatuan Bulu Tangkis Indonesia Gita Wirjawan bersama rombongan tim Thomas dan Uber menemui Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (10/5). (Republika/Wihdan)
Foto: Republika/ Wihdan
Ketua Umum Persatuan Bulu Tangkis Indonesia Gita Wirjawan bersama rombongan tim Thomas dan Uber menemui Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (10/5). (Republika/Wihdan)

REPUBLIKA.CO.ID, KUNSHAN -- Tim Thomas Indonesia akan melawan Korea Selatan di babak semifinal Piala Thomas 2016 di Kunshan, Cina, Jumat (20/5). Berdasarkan susunan pemain, Indonesia berani menurunkan para pemain muda untuk melawan Korsel.

Di tunggal putra pertama, Indonesia menurunkan Jonatan Christie yang akan melawan Son Wan Ho. Sebelumnya Indonesia kerap menurunkan pemain peringkat delapan dunia, Tommy Sugiarto. Jonatan pernah menjadi pemain tunggal pertama saat melawan India yang tidak menentukan di fase grup.

"Tim Thomas Indonesia sudah siap melawan siapapun, termasuk tim Korea. Tommy sengaja diistirahatkan karena kondisinya kurang baik. Kekuatan tim Indonesia dan Korea sama kuat, saya rasa peluangnya 50-50," kata Manajer Tim Indonesia, Rexy Mainaky, seperti dikutip PBSI, Jumat (20/5).

Di partai kedua, akan terjadi pertarungan seru antara peringkat dua dunia Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan melawan peringkat satu dunia dari Korsel, Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong. Rekor pertemuan sementara 5-7 dengan keunggulan pasangan Korsel.

Pemain muda Indonesia lainnya, Anthony Sinisuka Ginting diturunkan untuk melawan pemain muda Korsel, Lee Dong Keun. Pada pertandingan-pertandingan sebelumnya, Ginting kerap ditempatkan sebagai pemain tunggal ketiga.

Partai keempat akan mempertemukan Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi yang akan melawan Kim Gi Jung/Kim Sa Rang. Rekor pertemuan kedua pasangan yaitu 2-1 untuk keunggulan Angga/Ricky.

Pada partai terakhir, akan mempertemukan dua pemain junior kedua negara yaitu Ihsan Maulana Mustofa melawan Jeon Hyeok Jin. Kedua pemain pernah satu kali melawan Jeon saat di Thailand Open GPG 2015 lalu. Saat itu Ihsan menang 21-15 dan 21-17.

Namun begitu, susunan pemain Korea Selatan ini merupakan susunan yang sama saat menyingkirkan tim Thomas Cina di babak perempat final, Kamis (19/5) lalu. Son Wan Ho sukses mencuri angka kemenangan melawan pemain peringkat satu dunia, Chen Long.

Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong juga sukses menyumbang kemenangan dengan menaklukkan ganda terkuat Cina, Zhang Nan/Fu Haifeng. Cina memperpanjang napas dengan kemenangan Lin Dan atas Lee Dong Keun. Kemenangan Korsel ditentukan Kim Gi Jung/Kim Sa Rang yang mengalahkan Li Junhui/Zheng Siwei.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement