Sabtu 24 Oct 2015 07:00 WIB

Tiga Wakil Indonesia ke Semifinal Prancis Terbuka

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Israr Itah
Praveen Jordan (kanan) dan Debby Susanto (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)
Foto: ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana
Praveen Jordan (kanan) dan Debby Susanto (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Indonesia menyisakan tiga wakilnya pada semifinal Prancis Terbuka 2015. Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari, dan Praveen Jordan/Debby Susanto menjadi wakil Indonesia pada empar besar.

Hendra/Ahsan menjadi yang pertama mengamankan tempat di semifinal turnamen yang digelar di Stade Pierre de Coubertin ini. Ganda putra terbaik Indonesia ini berhasil menaklukan pasangan Taiwan, Chen Hung Ling/Wang Chi-Lin21-12 dan 21-19 dalam tempo 31 menit pada Jumat (23/10) waktu setempat.  

Ini baru kali pertama unggulan dua dunia ini berhadapan dengan peringkat 26 dunia tersebut di lapangan. 

Di semifinal, Hendra/Ahsan akan berhadapan dengan wakil Denmark Mads Conrad-Petersen/Mads Pieler Kolding. Dengan pasangan peringkat sembilan dunia itu, Hendra/Ahsan telah dua kali bertemu dan selalu memenangkan pertandingan. 

Selanjutnya, kemenangan di perempat final juga ditorehkan oleh pasangan ganda putri Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari. Pasangan peringkat empat dunia ini mengandaskan peringkat 31 asal Korea, Chae Yoo-jung/Kim So-yeong, dalam dua gim 21-12 dan 21-17.

Pertandingan yang berlangsung selama 42 menit itu merupakan pertemuan kedua Greysia/Nitya dan Chae/Kim. Sebelumnya, mereka berhadapan di All England 2015. Saat itu Greysia/Nitya menang dua gim langsung 21-17, 21-19 atas lawan Negeri Ginseng itu. 

Di semifinal, pasangan juara Korea Terbuka 2015 ini akan berhadapan dengan unggulan dua dunia asal Cina Luo Ying/Luo Yu. Meski di atas kertas Luo/Luo lebih diunggulkan, namun rekor pertemuan masih berpihak pada Greysia/Nitya. Dari lima pertemuan sebelumnya, Greysia/Nitya unggul 4-1 dari Luo/Luo. 

Dari nomor ganda campuran, pasangan Praveen Jordan/Debby Susanto melenggang ke semifinal usai mengalahkan unggulan tiga asal Cina Xu Chen/Ma Jin. Pasangan peringkat sembilan dunia ini unggul rubber gim 21-8, 19-21, dan 23-21.

Di semifinal, keduanya akan berhadapan dengan peringkat delapan asal Cina, Huang Yaqiong/Lu Kai. Mereka sudah dua kali bertemu dengan rekor pertemuan imbang 1-1. Terakhir, keduanya bertemu di Yonex Sunrise India Open 2015 dengan kemenangan di tangan Praveen/Debby 21-23 dan 12-21. 

Sementara itu, wakil Indonesia di nomor tunggal putri, Maria Febe Kusumastuti, harus mengubur asa. Pertarungan di perempat final memang dirasa berat bagi Febe yang berhadapan dengan pemain ranking satu dunia Carolina Marin. Pemain asal Spanyol itu mengalahkan Febe dalam dua gim pertandingan 21-16 dan 21-10. 

Sebelumnya, Febe pernah berhadapan dengan Marin di BCA Indonesia Open Super Series Premier. Saat itu, peringkat 33 dunia ini juga kalah dari Marin, 11-21 dan 18-21.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement