Sabtu 16 May 2015 16:03 WIB

Indonesia Gagal Melaju ke Final Piala Sudirman

Rep: C80/ Red: Citra Listya Rini
Tunggal putri Indonesia, Bellatrix Manupputy, meringis kesakitan ketika mengalami cedera kaki pada semifinal Piala Sudirman 2015 di Dongguan Basketball Center, Cina, Sabtu (16/5).
Foto: Antara/Saptono
Tunggal putri Indonesia, Bellatrix Manupputy, meringis kesakitan ketika mengalami cedera kaki pada semifinal Piala Sudirman 2015 di Dongguan Basketball Center, Cina, Sabtu (16/5).

REPUBLIKA.CO.ID, DONGGUAN -- Indonesia harus menelan pil pahit gagal melaju ke final di Piala Sudirman 2015 di Dongguan, Cina setelah kalah 1-3 oleh tim tuan rumah. Indonesia sempat membuka harapan saat pertandingan pertama mampu mengalahkan Cina dan membuat skor 1-0.

Namun, tiga wakil Indonesia lainnya tidak mampu memanfaatkan kesempatan mereka karena dapat dikalahkan oleh Cina. Pertandingan ganda putra, Muhammad Ahsan dan Hendra Setiawan membuka asa Indonesia dengan menang di game pertama atas Cai Yun dan Fu Haifen setelah menang dua set langsung dengan skor 16-12, 17 21.

Namun, game kedua yang mempertemukan tunggal putri antara Li Xuerui dan Bellaetrix Manuputty terjadi sebuah insiden. Baru tujuh menit bermain, Bellaetrix Manuputty akhirnya memilih mundur dan menyerahkan kemenangan kepada Cina yang diwakili, Li Xuerui. Bella mengalami cedera lutut kiri saat berusaha mengembalikan bola dari Li Xuerui.

Posisi skor saat itu, Bella unggul 5-3 atas Li. Dengan demikian, Cina langsung menyamakan kedudukan dengan Indonesia, 1-1, di semifinal Piala Sudirman 2015. Pada game ketiga, Jonatan Christie belum mampu mengimbangi permainan Juara Dunia 2014, Chen Long.

Di partai ketiga semifinal Indonesia vs Tiongkok, pemain junior Indonesia tersebut kalah straight game dari Chen, 10-21 dan 15-21. Indonesia sementara tertinggal 1-2 dari juara bertahan, Cina Game keempat, yang merupakan partai penentu mempertemukan ganda putri, Tang Yuanting dan Yu Yang, serta Indonesia yang diwakili Nitya Krishinda Maheswari.

Terjadi pertarungan sengit hingga memaksa set tambahan, setelah kedua tim bermain imbang 17-21, 21-17. Tapi Indonesia tidak mampu memnafaatkan momen tersebut dengan kalah 21-15 oleh wakil Cina dan membuat skor menjadi 3-1. Dengan hasil tersebut Indonesia dipastikan gagal melangkah ke partai final Piala Sudirman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement