Ahad 25 Jan 2015 19:15 WIB

Nadal Melaju ke Perempat Final Australia Terbuka

Rafael Nadal
Foto: Reuters/Max Rossi
Rafael Nadal

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Petenis peringkat tiga dunia asal Spanyol, Rafael Nadal, mengalahkan petenis yang memiliki servis keras asal Afrika Selatan, Kevin Anderson, untuk mencapai perempat final turnamen Australia Terbuka di Melbourne, Ahad (25/1).

Nadal menundukkan petenis peringkat 15 dunia, Anderson, 7-5, 6-1, 6-4 dalam waktu dua jam enam menit di lapangan Rod Laver Arena dan akan menghadapi unggulan ketujuh asal Ceska, Tomas Berdych, pada babak delapan besar.

Ini akan menjadi penampilan Nadal kedelapan di perempat final saat dia memburu gelar keduanya di Australia Terbuka, setelah dikalahkan Stan Wawrinka pada final tahun lalu.

Nadal, yang menjuarai Australia Terbuka pada 2009, memperlihatkan tidak ada tanda-tanda masalah kesehatan yang dia alami ketika dipaksa bermain lima set oleh petenis Amerika Serikat Tim Smyczek pada putaran kedua turnamen itu dan terlihat sudah kembali ke penampilan terbaiknya.

"Setelah periode waktu yang berat bagi saya, ini hasil yang luar biasa dan saya sangat senang dengan cara bermain saya hari ini," kata Nadal. "Barangkali ini pertandingan terbaik saya di sini tahun ini, jadi itu sangat penting bagi saya dan sangat istimewa," katanya.

Anderson tidak mengalami kesulitan dan hanya kehilangan satu angka pada lima servis pertamanya, sebelum servisnya menjadi rusak saat berupaya membawa pertandingan ke "tiebreak".

Petenis Afrika Selatan itu kebobolan pada set pertama saat melepaskan "forehand" buruk yang mendarat di net. Nadal, yang kesulitan menangani servis Anderson, mendadak menemukan dirinya sendiri untuk memenangi set itu dalam waktu 52 menit.

Kepercayaan diri petenis Afrika Selatan itu menurun tajam dan Nadal dengan cepat memaksimalkan inisiatif dengan mencuri angka dua servis pertama lawan untuk merebut set kedua dalam waktu 32 menit.

Nadal dengan cepat mencuri kembali angka dari servis lawan pada set ketiga untuk memperkuat keunggulannya sebelum akhirnya memenangi pertandingan dan meningkatkan catatan menang-kalahnya menjadi 18-3 atas Berdych.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement