Sabtu 22 Nov 2014 17:02 WIB

Hendra/Ahsan Tembus Final Hong Kong Terbuka

Hendra/Ahsan
Foto: PBSI
Hendra/Ahsan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Indonesia meloloskan satu wakilnya di babak final turnamen Hong Kong Open Super Series 2014. Hal ini setelah pasangan unggulan ketiga, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan memenangi pertandingan ketat melawan pasangan muda dari Denmark, Mads Conrad Petersen/Mads Pieler Kolding di babak semifinal.

Pada gim pertama, permainan bola-bola cepat diperlihatkan kedua pasangan. Hendra/Ahsan memimpin 11-9 pada interval gim pertama. Namun kemudian Mads/Mads terus menyerang pertahanan Hendra/Ahsan yang kurang rapat dan menyamakan kedudukan lagi menjadi 12-12 dan 15-15. Hendra/Ahsan meraih enam pon beruntun dan mencuri gim pertama dengan 21-16.

Pasangan Denmark mengubah strategi dengan berani bermain di depan net. Mads/Mads juga memanfaatkan kurang rapatnya pertahanan Hendra/Ahsan dan kerapnya melakukan kesalahan sendiri. Hendra/Ahsan tertinggal 7-11 di paruh gim kedua. Ketertinggalan poin yang cukup jauh tak dapat dikejar Hendra/Ahsan. Mads/Mads memenangkan gim kedua dengan 15-21.

Kesalahan yang kerap dilakukan pasangan Hendra/Ahsan masih terus berlanjut pada awal gim ketiga. Hingga mereka pun tertinggal 0-4 dan 2-7. Ahsan berupaya memecah konsentrasi pasangan Denmark dengan melakukan pergantian raket sebanyak dua kali.

Perlahan-lahan Hendra/Ahsan mencuri poin hingga menyamakan kedudukan menjadi 9-9 dan berbalik unggul 9-11 di paruh gim yang menentukan ini. Hendra/Ahsan terus unggul dari 14-11, 16-13, 18-14 dan meraih match point dengan 20-15.

Mads Pieler juga berupaya memecah konsentrasi Hendra/Ahsan dengan meminta pergantian raket dan mencoba pukulan. Upaya ini berhasil dan menambah ketegangan dengan meraih empat poin beruntun. Sehingga kedudukan menjadi 20-19. Namun pengembalian dari Mads Conrad yang menyangkut di net membuat permainan pun dimenangkan Hendra/Ahsan dengan 21-19.

Kemenangan ini merupakan kedua kalinya terhadap pasangan muda yang baru pertama kalinya melangkah ke babak semifinal turnamen Super Series. Sebelumnya Hendra/Ahsan juga menang dari pasangan ini di turnamen Indonesia Open Super Series Premier 2014 dengan 23-21 dan 21-11.

Sayangnya wakil Indonesia lainnya di babak semifinal Hong Kong Open 2014 ini yaitu Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari kalah dari lawannya yang merupakan unggulan pertama dari Jepang, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi dalam pertandingan straight game, 16-21 dan 15-21.

Dengan kekalahan ini, Greysia/Nitya gagal mengulang keberhasilannya di Asian Games 2014 lalu. Di babak final, Greysia/Nitya mampu mengalahkan pasangan Jepang ini dan meraih medali emas di sektor ganda putri pertama kalinya bagi mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement