Sabtu 27 Sep 2014 15:27 WIB
Asian Games 2014

Indonesia Pastikan Dua Medali dari Ganda Campuran

Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir
Foto: AP/Anders Brohus
Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir

REPUBLIKA.CO.ID, INCHEON-- Dua medali tambahan dipastikan diperoleh dari cabang bulu tangkis di sektor ganda campuran di Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan. Pasalnya dua pasangan ganda campuran Indonesia berhasil melaju ke babak semifinal dan dipastikan minimal meraih dua perunggu.

Kemenangan pertama diraih ganda campuran andalan Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana 'Butet' Natsir yang melawan pasangan tuan rumah, Shin Baek Choel/Jang Ye Na. Sejak awal permainan di gim pertama, Owi/Butet terus mengungguli dalam perolehan poin.

Namun saat kedudukan 15-13 dengan keunggulan Owi/Butet, Shin/Jang berhasil menyalip menjadi 15-16. Shin/Jang terus unggul menjadi 18-19 dan menutup gim pertama dengan 19-21. Pada gim kedua, Owi/Butet mengubah pola permainan dengan lebih menyerang dan lebih berani di bola-bola depan.

Owi/Butet langsung memimpin dengan 11-7 di interval gim kedua. Owi/Butet semakin menguasai permainan. Gim kedua pun berhasul dicuri Owi/Butet dengan 21-16. Pada gim ketiga, Shin/Jang semakin tidak berkutik dan malah kerap membuat kesalahan sendiri. Owi/Butet unggul jauh dari 11-4, 15-5, 18-8 dan menutup kemenangan dengan 21-9.

Pasangan kedua Indonesia, Praveen Jordan/Debby Susanto juga mengikuti jejak seniornya untuk melangkah ke babak final dengan mengalahkan pasangan Korea Selatan lainnya, Ko Sung Hyun/Kim Ha Na. Pada gim pertama, Praveen/Debby terlihat mendominasi permainan dan menang dengan 21-9.

Keadaan berbalik di gim kedua di mana Praveen/Debby malah terlihat tertekan dan malah kerap membuat kesalahan sendiri. Sedangkan pasangan tuan rumah malah semakin mendominasi dan memperkuat pertahannya. Ko/Kim membalas gim kedua dengan 9-21.

Pada awal gim yang menentukan, kedua pasangan saling mengejar perolehan poin. Praveen/Debby unggul lebih dulu dengan 11-9 di paruh gim ketiga. Keunggulan poin Praveen/Debby semakin tak terkejar dari 14-10, 18-12 dan mengakhiri kemenangan dengan 21-15.

Dengan begitu, Indonesia mengirimkan dua pasangannya ke babak semifinal sektor ganda campuran Asian Games 2014. Pada babak semifinal besok (28/9), dua pasangan Indonesia ini akan melawan dua pasangan dari Cina. Praveen/Debby akan melawan unggulan pertama, Zhang Nan/Zhao Yunlei sedangkan Owi/Butet melawan unggulan dua, Xu Chen/Ma Jin.

Dengan tambahan dua medali dari ganda campuran, total cabang bulutangkis telah meraih empat medali. Indonesia berpeluang meraih emas dari sektor ganda putri, Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari akan melakoni babak final untuk memperebutkan medali emas pada sore hari ini. Greysia/Nitya akan melawan unggulan pertama dari Jepang, Misaki/Ayaka.

Sementara itu, pasangan ganda putra andalan Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan juga sudah memastikan medali dengan lolos ke babak semifinal. Pada pertarungan memperbutkan tiket ke final, Hendra/Ahsan akan melawan pasangan tuan rumah, Kim Ki Jung/Kim Sa Rang pada sore ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement