Selasa 19 Aug 2014 12:30 WIB

Rafael Nadal Gagal Pertahankan Gelar AS Terbuka

Rep: c56/ Red: Bilal Ramadhan
Petenis nomor satu dunia asal Spanyol, Rafael Nadal.
Foto: AP Photo
Petenis nomor satu dunia asal Spanyol, Rafael Nadal.

REPUBLIKA.CO.ID, MALLORCA-- Petenis peringkat dua dunia, Rafael Nadal dipastikan gagal untuk mempertahkan gelar AS Terbuka (US Open) yang berhasil diraihnya setahun silam. Hal ini dikarenakan Nadal tidak akan terjun di turnamen yang akan digelar pada 25 Agustus-7 September mendatang.

Ketidakhadiran Nadal dalam salah satu ajang Grand Slam ini dikarenakan cedera pergelangan tangan yang masih menyelimutinya. Sejak mengalami pemulihan untuk cedera lututnya, Nadal memang terlihat susah untuk tampil maksimal.

Dalam ajang Wimbledon yang berlangsung bulan Juli lalu, Nadal harus kalah secara mengejutkan oleh petenis muda Nick Kyrgois. Setelah kekalahan tersebut, petenis Spanyol ini lekas pulang ke Mallorca untuk melakukan latihan dan pemulihan kembali.

Alih-alih melakukan pembugaran diri, pada 29 Juli, Nadal yang tengah menjalani sesi latihan malah mengalami cedera pada pergelangan tangan kanan. Dia pun akhirnya harus mengenakan balutan ringan untuk beberapa pekan terakhir.

Sejak saat itu, Nadal mulai kehilangan beberapa turnamen yang harus dia ikuti yaitu Rogers Cup dan Cincinnati Masters 2014. Meski mencoba untuk memulihkan cedera pergelangan tangannya, cedera tersebut ternyata belum bisa pulih seutuhnya.

Melihat hal ini, Nadal tidak ingin memaksakan diri untuk turut serta dalam ajang AS Terbuka yang merupakan kompetisi Grand Slams terakhir tahun ini. Pemegang dua gelar AS Terbuka pun menuliskan pesan singkat dalam akun Facebook pribadinya.

"Saya sangat menyesal tidak bisa bermain tahun ini di US Open (AS Terbuka). Saya yakin kalian mengerti bahwa ini adalah saat yang sangat sulit bagi saya karena turnamen ini adalah salah satu kompetisi yang saya cintai. Banyak kenangan besar ada disini," ungkap Nadal dikutip dari AP, Selasa (19/8).

Dia menambahkan, tidak banyak hal yang dia lakukan sekarang selain menerima situasi ini. Nadal berjanji akan bekerja keras untuk segera pulih dan bersaing kembali di level tertinggi setelah dia kembali ke lapangan.

Ketidaksertaan Nadal di ajang AS Terbuka karena cedera bukanlah yang pertama kali. Pada 2012 lalu, Nadal juga harus merelakan satu trofie nya direnggut petenis lain tanpa kehadiran dia di atas lapangan. Absennya Nadal saat itu juga sama dengan tahun ini dikarenakan cedera yang membuat dia tak sanggup mengikuti ajang tersebut.

Dengan absennya Nadal, Lima kali juara AS Terbuka, Roger Federer akan bergabung dengan Novak Djokovic sebagai favorit juara dalam ajang ini. Federer mempunyai kans besar untuk melaju ke babak final setelah berhasil meraih runner-up dalam Rogers Cup dan meraih gelar Cincinnati Masters 2014 yang belum lama bergulir.

Sedangkan Novak Djokovic yang merupakan petenis nomor satu dunia juga akan mencoba meraih kembali gelar AS Terbuka yang dia raih tiga tahun silam. Meskipun harus kalah di Cincinnati Open sebelum laga final, namun satu titel di Wimbledon 2014 cukup melambungkan namanya menjadi petenis yang akan diperhitungkan dalam ajang ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement