Kamis 10 Jul 2014 18:20 WIB

Hadiah AS Terbuka Naik 11,7 Persen pada 2014

Turnamen tenis grand slam Amerika Serikat Terbuka (ilustrasi)
Foto: Reuters/Shannon Stapleton
Turnamen tenis grand slam Amerika Serikat Terbuka (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Hadiah total berupa uang turnamen Amerika Serikat tahun ini meningkat 11,7 persen menjadi rekor 38,3 juta dolar. Demikian diumumkan Asosiasi Tenis AS (USTA), Rabu.

Juara tunggal putra dan putri masing-masing akan menerima hadiah tiga juta dolar, merupakan rekor tahun ini pada final turnamen Grand Slam.

Sedangkan para pemenang tiap putaran laga tunggal mendapat hadiah peningkatan persentase dua digit dibanding dengan hadiah tahun lalu.

"Dalam usaha lebih meningkatkan mutu olahraga ini serta menaikkan peran USTA, hadiah turnamen ini akan dinaikkan lagi menjadi 50 juta dolar pada 2017," kata Ketua USTA, Dave Hafferty, dalam pernyataannya.

"Hadiah uang tahun ini meningkat sesuai dengan komitmen kami untuk menunjukkan peningkatan mutu olahraga ini secara keseluruhan," katanya.

Hadiah total untuk juara AS Terbuka di kategori tunggal, ganda dan campuran dibanding dua dari tiga turnamen Grand Slam lainnya meningkat 12,5 persen dari tahun lalu.

Tahun ini, hadiah total Wimbledon sebesar 25 juta pound (41,98 juta dolar) sedangkan Australia Terbuka 33 juta dolar dan Prancis Terbuka 34,53 juta dolar.

Dalam tiga tahun terakhir, hadiah uang untuk turnamen AS Terbuka meningkat 64,6 persen. Untuk babak kualifikasi turnamen tahun ini, ditawarkan hadiah lebih dari 1,5 juta dolar untuk pertama kalinya. Nilainya naik 11 persen dibanding turnamen 2013.

Turnamen Amerika Serikat 2014 akan diadakan mulai 25 Agustus hingga 8 September di New York.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement