Sabtu 19 Apr 2014 18:10 WIB

Inspirasi Koh Simon

Rep: Adi Wicaksono/ Red: Didi Purwadi
Simon Santoso
Foto: Reuters/Bazuki Muhammad
Simon Santoso

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- ''Kemenangan Koh Simon membuat saya termotivasi. Dia pantang menyerah dan tidak takut meskipun Chong Wei punya ranking yang lebih tinggi." Begitulah kata Jonatan Christie menanggapi kemenangan Simon Santoso atas Lee Chong Wei pada final Singapore Open Series 2014 pada akhir pekan lalu.

Menurut Jonatan, kemenangan Koh Simon, panggilannnya kepada Simon Santoso, telah menebarkan inspirasi. Kemenangan atas pemain ranking satu dunia itu, kata Jonatan, memicu motivas kontingen Merah Putih di World Junior Championship.

Perjalanan Simon di Singapura tidaklah mudah menuju tangga juara. Pemain kelahiran Tegal, Jawa Tengah, itu harus memulai dari babak kualifikasi.

Perlahan tapi pasti, Simon mulai unjuk gigi dengan menumbangkan Du Pengyu dari Cina di semifinal. Puncaknya, Simon mencengangkan perbulutangkisan dunia dengan mengalahkan Chong Wei.

Muhammad Bayu Pangestu turut mengungkapkan rasa kagumnya kepada Simon. Ia mengungkapkan, sebelum bertanding di babak kedua WJC 2014, ia diberi tahu oleh pelatihnya tentang kemenangan Simon.

"Kami jadi termotivasi dengan kemenangan Koh Simon," ujarnya seperti dilansir laman resmi PP PBSI.

Menurut Bayu, pelajaran yang bisa diambil dari kemenangan Simon adalah semangat perjuangan. Menurut dia, siapa pun sebenarnya punya kesempatan untuk mengalahkan pemain terkuat di dunia.

Simon mengaku senang penampilannya mendapat apresiasi dari para pemain junior di WJC. Ia berharap kemenangannya bisa membuat para juniornya lebih semangat dan bermain tanpa beban.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement