Sabtu 12 Apr 2014 15:07 WIB

Indonesia Pastikan 1 Gelar Juara di Singapore SS

Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir memegang trofi usai menjuarai ganda campuran Kejuaraan All England di Birmingham, Inggris, Ahad (10/3).
Foto: AP/Alastair Grant
Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir memegang trofi usai menjuarai ganda campuran Kejuaraan All England di Birmingham, Inggris, Ahad (10/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Indonesia memastikan gelar juara di sektor ganda campuran Singapore Super Series (SS). Hal ini setelah pasangan Riky Widianto/Puspita Richi Dili menyusul unggulan 1, Tontowi Ahmad/Liliyana 'Butet' Natsir ke babak final yang akan dilangsungkan Ahad (13/4).

Towi/Butet lolos ke final terlebih dahulu dengan mengandaskan pasangan baru dari Cina, Cheng Liu/Bao Yixin dengan pertandingan yang ketat. Kemenangan ini sekaligus memperbaiki penampilan Towi/Butet yang berhenti di Semifinal India Super Series pekan lalu, yang dikalahkan pasangan Korea Selatan, Ko Sung Hyun/Kim Ha Na.

Pada awal gim pertama, Liu/Bao langsung tampil menyerang dan terus menekan pertahanan Towi/Butet. Bao/Liu pun unggul dalam perolehan poin dari 9-13, 12-14, 13-16 dan 15-20. Towi/Butet sempat meraih 2 poin lagi namun Bao/Liu menyudahi gim pertama dengan 17-21.

Perubahan pola permainan ditunjukkan Towi/Butet sejak awal gim kedua. Kali ini, Towi/Butet menunjukkan permainan cepat dan menyerang dengan smash-smash tajam dari Towi. Butet juga piawai dalam memberikan pukulan netting yang memaksa pasangan Bao/Liu untuk mengembalikan bola ke atas dan menjadi 'makanan empuk' untuk Towi dalam memperoleh poin. Towi/Butet menutup gim kedua dengan skor 21-11.

Permainan ketat diperlihatkan kedua pasangan di gim ketiga. Towi/Butet sempat tertinggal dengan skor 4-5, 7-8 dan 10-11 di paruh gim ketiga. Kemudian perlahan-lahan Towi/Butet meraih poin dan menyamakan kedudukan menjadi 14-14 dan bahkan berbalik unggul menjadi 16-15 dan 18-15.

Pasangan Lui/Bao tetap pantang menyerah dan tidak mengendurkan serangan. Liu/Bao memperpendek ketertinggalan poin menjadi 18-17 dan menyamakan skor menjadi 19-19. Pada saat poin-poin kritis tersebut, Liu/Bao malah melakukan kesalahan sendiri. Pengembalian bola dari Liu yang menyangkut di net, menutup gim ketiga dengan kemenangan Towi/Butet dengan 21-19.

Sementara itu, di lapangan terpisah juga sedang bertanding pasangan Indonesia lainnya, Riky Widianto/Puspita Richi Dili yang melawan pasangan Korsel, Ko Sung Hyun/Kim Ha Na. Pasangan dari Korsel ini yang memupuskan harapan Towi/Butet untuk mencetak hattrick di India SS pada pekan lalu.

Pertandingan Riky/Richi juga berlangsung dengan ketat melawan Ko/Kim. Gim pertama, Riky/Richi harus mengakui keunggulan Ko/Kim dengan skor 20-22. Namun di gim kedua, Riky/Richi mengubah strategi permainan dengan lebih menyerang dan menang 21-17. Dominasi Riky/Richi tidak dapat diimbangi pasangan Ko/Kim di gim ketiga. Riky/Richi memenangkan pertandingan di gim ketiga dengan 21-16.

Dengan demikian terjadi All Indonesian Final di sektor ganda campuran di turnamen Singapore SS ini. Bahkan terjadinya All Indonesian Final di turnamen ini sempat menjadi trending topic di media sosial Twitter di Indonesia.

Peluang Indonesia untuk meraih gelar lainnya di turnamen ini juga masih terjaga. Indonesia menempatkan wakilnya di sektor tunggal putra yaitu Simon Santoso. Di babak semifinal, Simon akan melawan wakil Cina, Du Pengyu. Sedangkan di babak semifinal lainnya, unggulan 1 dari Malaysia, Lee Chong Wei akan melawan tunggal putra nonunggulan dari India, Srikanth Kidambi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement