Senin 11 Mar 2013 06:40 WIB

Tontowi/Liliyana Pertahankan Gelar All England

Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir memegang trofi usai menjuarai ganda campuran Kejuaraan All England di Birmingham, Inggris, Ahad (10/3).
Foto: AP/Alastair Grant
Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir memegang trofi usai menjuarai ganda campuran Kejuaraan All England di Birmingham, Inggris, Ahad (10/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ganda campuran nomor satu Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, berhasil mempertahankan gelar juara di turnamen bulu tangkis All England Superseries Premier pada Minggu sore waktu setempat atau Senin dini hari WIB.

Pasangan peringkat dua dunia itu mengalahkan ganda campuran asal Cina, Zhang Nan/Zhao Yunlei, secara langsung dua set 21-13, 21-17 dengan iringan dari dukungan puluhan suporter Indonesia yang memenuhi National Indoor Arena, Birmingham, Inggris.

Sempat tertinggal 0-2, Tontowi/Liliyana berhasil menyamai kedudukan 4-4 kemudian terus unggul 6-4. Pertahanan Nan/Yunlei pun mulai goyah, sementara Tontowi/Liliyana mulai mengendalikan permainan.

Tontowi yang tampil cemerlang mencetak angka dari hujaman smes-smes kerasnya yang sering gagal dikembalikan lawan. Pasangan Cina peringkat lima dunia itu dibuat kewalahan dengan pola permainan Tontowi/Liliyana yang kerap berubah posisi.

Tontowi/Liliyana mengunci kemenangan pada game pertama dengan skor 21-13. Nan/Yunlei hanya mampu bangkit sesaat di game kedua dengan unggul kembali di awal pertandingan. Namun, duet Tontowi/Liliyana semakin solid.

Liliyana yang sempat melakukan beberapa kali kesalahan di game pertama, mulai terlihat nyaman dengan permainannya pada game kedua. Perlawanan ganda Cina sempat membuat reli panjang, namun smes keras dari Liliyana memecah kebuntuan sehingga mereka unggul 7-3.

Tontowi/Liliyana terus melaju hingga 12-7 dengan penampilan Tontowi yang masih agresif. Meski sempat dikejar ketat pada skor 12-10, kesalahan yang kerap dilakukan lawannya dari pukulan-pukulan sulit yang diberikan Tontowi maupun Liliyana membuat mereka tak lagi terkejar.

Smes tajam dari Tontowi gagal dibalas baik oleh Yunlei yang akhirnya memberikan kemenangan untuk Tontowi/Liliyana 21-17. Lewat kemenangann itu, Indonesia berhasil memboyong satu gelar kejuaraan bulu tangkis tertua di dunia itu.

Berikut hasil final All England:

Ganda putri

Wang Xiaoli/Yu Yang (China) vs Cheng Shu/Zhao Yunlei (China) 21-18, 21-10

Ganda putra

Liu Xiaolong/Qiu Zihan (China) vs Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa (Jepang) 21-11, 21-9

Tunggal putri

Tine Baun (Denmark) vs Ratchanok Intanon (Thailand) 21-14, 16-21, 21-10

Tunggal putra

Chen Long (China) vs Lee Chong Wei (Malaysia) 21-17, 21-18

Ganda campuran

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir vs Zhang Nan/Zhao Yunlei 21-13, 21-17

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement