Selasa 31 Jul 2012 21:39 WIB

Maria Sharapova Atlet Wanita Berpenghasilan Terbesar

Maria Sharapova
Maria Sharapova

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Petenis Rusia, Maria Sharapova menobatkan dirinya sebagai atlet putri profesional berpenghasilan tertinggi di dunia. Menurut survei Majalah Forbes, penghasilannya dari Juli 2011 sampai Juli 2012 mencapai 27,1 juta dolar AS (setara Rp 243,9 miliar) yang sebagian besar didapatkannya dari luar tenis.

Sejumlah perusahaan menjadi sponsor Juara Australia Open 2008 itu. Sebut saja Nike, Tag Heuer, Sony Ericsson, dan Evian yang menggunakan jasa petenis 25 tahun tersebut. Selain menjadi brand ambassador sejumlah produk, juara Prancis Terbuka itu juga memiliki bisnis pakaian. Penghasilan Sharapova naik sekitar 2,1 juta dolar dari tahun lalu.

Dalam daftar 10 atlet wanita terkaya yang dikeluarkan Forbes, tujuh di antaranya berasal dari cabang tenis. Sharapova mengungguli petenis asal Cina, Li Na yang pendapatannya melonjak 47 persen dari tahun lalu. Tahun lalu, Li Na berpenghasilan delapan juta dolar AS, tapi kini penghasilan Li Na menembus 18,4 juta dolar AS.

Tempat ketiga diduduki petenis Amerika Serikat, Serena Williams, yang memiliki penghasilan 16,3 juta dolar AS. Disusul petenis asal Denmark, Caroline Wozniacki yang mendulang 13,7 juta dolar AS.

Sementara pebalap IndyCar dan NASCAR asal Amerika Serikat, Danica Patrick melorot ke tempat kelima dengan penghasilan 12 juta dolar AS. Petenis nomor satu asal Belarus, Victoria Azarenka di tempat keenam dengan pendapatan 9,7 juta dolar AS Dikuntit petenis asal Serbia, Ana Ivanovic di posisi kedelapan yang mendulang penghasilan 7,2 juta dolar AS.

Petenis Polandia, Agnieszka Radwanska yang mengantongi pendapatan 6,9 juta dolar AS melengkapi petenis yang masuk dalam daftar sepuluh atlet wanita berpenghasilan terbesar. Di posisi ketujuh ditempati juara ski Olimpiade Kim Yu-na dari Korea Selatan yang mengumpulkan 9 juta dolar AS. Sementara pegolf asal Taiwan, Yani Tseng, berada di urutan kesepuluh dengan 6,1 juta dolar AS.

Berikut daftar lima besar atlet dengan pendapatan tertinggi:

1. Maria Sharapova, tenis, 27,1 juta dolar AS

2. Li Na, tenis, 18,4 juta dolar AS

3. Serena Williams, tenis, 16.3 juta dolar AS

4. Caroline Wozniacki, tenis, 13,7 juta dolar AS

5. Danica Patrick, otomotif, 13 juta dolar AS

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement