Jumat 15 Jun 2012 19:05 WIB

Sony Kandas, Simon Melaju ke Semifinal Djarum Open Super Series

Rep: citra listya rini/ Red: Taufik Rachman

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Tunggal putra Indonesia, Sony Dwi Kuncoro, gagal melangkah ke semifinal turnamen Djarum Indonesia Open Super Series Premier 2012 setelah dilibas pemain Cina, Du Pengyu. Sony menyerah dua gim sekaligus dari tangan Pengyu, 14-21, 15-21.

"Konsentrasi saya menurun. Permainan saya tidak taktis dan efisien," kata Sony usai pertandingan di Istora Senayan, Jumat (15/6). Menurutnya, kondisi dia saat melawan Pengyu berbanding terbalik ketika dirinya berhadapan dengan Peter Hoeg Gade dan Taufik Hidayat.

Pecahnya konsentrasi Sony terlihat jelas selama 52 menit permainannya menghadapi Pengyu. Juara Thailand Open Grand Prix Gold 2012 ini hanya mampu mengoleksi 14 poin melawan unggulan kedelapan asal Cina itu di gim pertama.

Memasuki gim kedua, Sony sempat unggul 11-9 dari Pengyu. Sayangnya, pemain berusia 27 tahun ini akhirnya dikejar oleh Pengyu menjadi 11-11. Setelah Pengyu membalikkan kedudukan menjadi 12-11, pemain rangking sepuluh dunia itu tidak mampu dikejar Sony hingga akhirnya gim dimenangkan Penyu 21-15.

"Pengyu yang mengendalikan permainan saya. Karena konsentrasi menurun, gaya permainan saya kembali seperti dulu. Agak frustasi sedikit dan down saya karena Pengyu bermain bagus," jelas Sony.

Kendati kalah, Sony mengaku tetap puas dengan hasil yang dicapainya di turnamen Djarum Indonesia Open Super Series Premier 2012. Menurut, Arek Suroboyo ini dirinya sudah tampil maksimal menunjukkan kemampuan terbaiknya.

Kandas di turnamen Djarum Indonesia Open Super Series Premier 2012, Sony mengungkapkan dirinya akan segera turun di Singapura Terbuka 2012. Jelang turnamen tersebut, ia menuturkan akan berbenah diri dan memulihkan kondisi secara total.

Jika Sony gagal ke semifinal, lain halnya dengan Simon Santoso. Unggulan ketujuh turnamen Djarum Indonesia Open Super Series Premier 2012 ini, berhasil melaju ke semifinal setelah mengalahkan kawannya sendiri, Dionysius Hayom Rumbaka, 21-17, 21-7.

Di semifinal, pemain rangking sembilan dunia ini akan bertemu dengan tunggal putra India, Kashyap Parupalli yang berhasil menekuk pemain Denmark, Hans-Kristian Vittinghus, 21-15, 21-14. Ditunggu Kashyap, Simon mengaku dirinya siap tampil all out.

"Saya akan tetap fokus melewati satu babak ke babak. Apa pun hasilnya nanti saya tetap berusaha, syukur-syukur sampai ke final." papar Simon.

Satu partai semifinal tunggal putra turnamen Djarum Indonesia Open Super Series Premier 2012 lainnya akan mempertemukan Hu Yun dan Pengyu. Pemain Hong Kong yang menduduki rangking 25 dunia ini berhasil menekuk pemain Vietnam, Nguyen Tien Minh dengan skor 21-19, 8-21, 21-9.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement