Kamis 07 Jun 2012 23:43 WIB

Jungkalkan Stosur, Errani Maju ke Final Prancis Terbuka

Sara Errani
Sara Errani

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Petenis Italia Sara Errani menjungkalkan Samantha Stosur dari Australia pada semifinal Prancis Terbuka, Kamis, untuk mencapai final pertamanya pada turnamen Grand Slam dengan kemenangan 7-5, 1-6, 6-3.

Pada final yang akan digelar Sabtu (9/6), petenis unggulan ke-21 itu akan menghadapi pemenang pertadingan semifinal lainnya antara unggulan kedua Maria Sharapova dari Rusia dan Petra Kvitova dari Republik Ceko.

Seandainya dia bisa menang pada Sabtu itu, dia akan menjadi wanita Italia kedua yang memenangi Prancis Terbuka, dua tahun setelah terobosan gelar Francesca Schiavone dan petenis pertama diluar 20 besar dunia yang menjuarai turnamen di Paris itu sejak 1976.

Juara AS Terbuka Stosur sebelumnya sedang berupaya menjadi wanita Australia pertamayang menjuarai Prancis Terbuka sejak Margaret Court pada 1973.

Dua tahun lalu, dia menjadi petenis Australia pertama yang mencapai final di Paris sejak Wendy Turnbull pada 1979, namun dalam kesempatan itu dia dikalahkan Schiavone.

Melawan Errani, Stosur sebelumnya sudah memenangi lima pertemuan sebelumnya. Setelah tertunda selama 80 menit karena hujan, kedua pemain itu bermain dalam udara cerah dan petenis Australia berusia 28 tahun yang terlihat lebih mantap.

Dia membuka pertandingan dengan menghasilkan angka dari servisnya dan kemudian diikuti dengan mencuri poin servis lawannya.

Errani sadar dia harus melepaskan tembakan-tembakan yang bervariasi untuk melemahkan ketangguhan lawannya dan dia melakukannya dengan baik pada game berikutnya. Petenis Italia itu kemudian dapat menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Kedua petenis itu berbagi angka dari servisnya masing-masing sampai game ke-11, saat Stosur kembali kehilangan sentuhannya saat tembakan volinya mendarat di net. Petenis Italia unggulan ke-21 itu kemudian menghasilkan angka dari servisnya untuk merebut set pertama itu.

Stosur susah-payah menghasilkan angka dari servisnya pada awal set kedua, namun kemudian dapat mencuri poin pada game berikutnya. Juara AS Terbuka itu kemudian memenangi lima game berikutnya secara beruntun untuk menyudahi set itu dengan 6-1.

Momentum beralih pada awal set penentuan, saat Stosur gagal dalam servis dan tembakan "groundstroke" dia. Errani langsung unggul 3-0, namun kemudian Stosur membalas mencuri poin servis dan menyamakan kedudukan 3-3.

Saat tertinggal 3-4, Stosur kembali kehilangan angka dari servisnya meskipun sempat lolos dari dua kali "break-point". Errani menutup pertandingan dengan poin dari servisnya untuk mencatat kemenangan terbesar dia selama karirnya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement