Sabtu 05 May 2012 17:31 WIB

Ryan Perkuat Tim Piala Thomas Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Tim Piala Thomas Indonesia mengalami perubahan dari tim kualifikasi pada Februari lalu dengan masuknya nama Ryan Agung Saputro pada sektor ganda.

Keputusan itu resmi diumumkan saat acara peringatan HUT PB PBSI yang ke-61 di Pelatnas Cipayung, Jakarta Timur, hari ini.

Ryan yang biasanya berduet dengan Angga Pratama terpaksa harus 'berpisah' dan kemungkinan akan dipasangkan dengan seniornya, Alvent Yulianto.

"Awalnya saya agak kaget juga, kok saya doang yang ikut. Saya tidak enak juga sama partner saya (Angga). Tetapi ini sudah dipertimbangkan pelatih dan pengurus kalau hanya salah satu dari kami yang berangkat karena kuota terbatas," kata Ryan yang ditemui usai acara peringatan HUT PB PBSI ke-61.

Meskipun mengaku belum terlalu cocok dengan Alvent dalam segi permainan, Ryan berjanji akan memberi yang terbaik kepada Tim Thomas apalagi ini merupakan laga pertamanya di Piala Thomas.

"Saya coba bisa mengikuti (permainan) Kokoh Alvent gimana. Kalau dilihat dari prestasi saya dan Angga kemarin sih, berharapnya sama Angga, tapi ya tidak apa-apa," ujar Ryan yang sebelumnya pernah sekali berduet dengan Alvent pada Liga Djarum 2010.

Pada kesempatan yang sama, pelatih Tim Thomas Herry Iman Pierngadi menyebutkan bahwa keputusan menurunkan Ryan tanpa Angga karena kebutuhan tim sementara kuota pemain juga terbatas.

"Untuk Angga dan Ryan sih memang lagi bagus ya tetapi ada pertimbangan lain yang harus dipikirkan lagi. Idealnya sih (Angga-Ryan) harus masuk, tetapi jatahnya hanya 10 pemain," kata Herry.

Herry menambahkan bahwa alasan dipilihnya Ryan merupakan bagian dari strategi dan sudah memperhitungkan segala resiko yang akan terjadi.

"Pertimbangannya itu karena Ryan pemain belakang dan yang dibutuhkan dari rotasi ini dari segi teknis ya pemain belakang," jelasnya.

Sebagai ganda putra peringkat ke-19 dunia, Angga dan Ryan tengah dalam prestasi yang terus membaik. Pada laga terakhir mereka di India Terbuka Super Series, keduanya berhasil menundukkan pasangan Malaysia Koo Kien Keat-Tan Boon Heong.

Pasangan Pelatnas Cipayung itu meraih kemenangan 21-18, 15-21, 21-19 atas pasangan peringkat delapan dunia itu pada perempat final di Siri Fort Indoor Stadium, New Delhi, Jumat (27/4) dalam pertemuan pertama kedua pasangan itu meskipun Angga-Ryan gagal lolos final.

Pada kualifikasi Piala Thomas zona Asia di Makau, Februari lalu, Indonesia diperkuat oleh Simon Santoso, Taufik Hidayat, Tommy Sugiarto dan Dionysius Hayom Rumbaka pada tunggal dan pasangan Bona Septano-Mohammad Ahsan, Alvent Yulianto-Hendra Aprida Gunawan serta Markis Kido-Hendra Setiawan pada ganda.

Sedangkan pada putaran final yang akan berlangsung di Wuhan, China pada tanggal 20-27 Mei mendatang, Hendra Aprida Gunawan digantikan oleh Ryan Agung Saputro.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement