Selasa 24 Jan 2012 01:03 WIB

Yakin, Tim Uber Indonesia Lolos Kualifikasi

Bulu tangkis/ilustrasi
Foto: ant
Bulu tangkis/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG - Mantan pebulu tangkis nasional, Hastomo Arbi, merasa yakin tim putri Indonesia bisa lolos dari babak kualifikasi Piala Uber Zona Asia di Macau, 13-19 Febuari 2012.

"Kalau hanya sekedar lolos, saya merasa optimistis Lindaweni Fanetri dan kawan-kawan bisa tetapi kalau untuk berprestasi di Piala Uber tentunya nanti dulu karena persaingannya sangat ketat seperti dari China, Korea Selatan, Jepang, dan lain sebagainya," kata Hastomo Arbi ketika dihubungi dari Semarang, Senin (23/1).

Menurut pahlawan Piala Thomas 1984 tersebut, kalau untuk nomor beregu Indonesia cukup kuat dibandingkan harus bermain untuk perorangan seperti pada Victor Korea Open maupun Maybank Malaysia Open beberapa waktu lalu.

"Kalau untuk beregu kekuatan pebulu tangkis putri kita merata untuk semua nomor baik tunggal maupun ganda. Lindaweni Fanetri sekarang ini menjadi pemain tunggal Indonesia yang memiliki peringkat tertinggi dibandingkan lainnya," katanya.

Pada setiap pertandingan babak kualifikasi di Macau mendatang, kata Hastomo Arbi yang juga Wakil Mnaajer PB Djarum Kudus tersebut, Indonesia harus bisa mengamankan tiga angka kemenangan terutama dari dua ganda dan satu tungga.

"Kita juga harus melihat lawan yang dihadapi, bisa seperti itu atau sebaliknya yaitu dua tunggal dan satu ganda tergantung kekuatan lawan yang akan dihadapi," kata kakak mantan pebulu tangkis nasional Heriyanto Arbi tersebut.

Meskipun untuk perorangan, pebulu tangkis putri Indonesia kurang berprestasi, kata dia, untuk nomor beregu masih tetap kuat karena kekuatan pebulu tangkis putri Indonesia merata baik tunggal maupun ganda.

Pada babak kualifikasi Piala Uber kemungkinan masih tetap mengunakan sistem terdahu yaitu mempertandingkan lima parti yaitu terdiri dari tiga tunggal dan dua ganda.

Babak utama Piala Uber dan Thomas dilaksanakan di Wuhan, China, 20-27 Mei 2012, sedangkan babak kualifikasi zona Asia dilaksanakan di Macau, 13-19 Febuari mendatang.

Saat ini, PBSI telah menetapkan masing-masing 14 pemain putra dan putri yang pada saatnya diciutkan menjadi masing-masing 10 pemain untuk tampil pada kualifikasi di Macau.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement