Senin 12 Sep 2011 11:03 WIB

Stosur Catat Sejarah Baru

Rep: Anita Puspitasari/ Red: Didi Purwadi
Samantha Stosur mencium trofi usai mengalahkan Serena Williams di final Amerika Terbuka 2011, di New York, Ahad (11/9). AP/Matt Slocum
Foto: AP/Matt Slocum
Samantha Stosur mencium trofi usai mengalahkan Serena Williams di final Amerika Terbuka 2011, di New York, Ahad (11/9). AP/Matt Slocum

REPUBLIKA.CO.ID,NEW YORK - Samantha Stosur mencatat sejarah baru untuk Australia. Stosur menjadi petenis Australia yang akhirnya berhasil menyabet gelar Grand Slam Amerika Serikat Terbuka untuk pertama kalinya setelah Margaret Court meraihnya pada tahun 1973.

Pada laga puncak AS Terbuka, Senin (12/9), Stosur berhasil membungkam ambisi Serena Williams untuk meraih titel AS Terbuka untuk keempat kalinya. Bermain dua set, Stosur berhasil membuat Serena frustasi dengan mencatatkan skor 6-2, 6-3.

Penampilan Stosur pada laga puncak tersebut memberikan kejutan untuk penonton di Stadion Arthur Ashe. Pasalnya, dia selalu disebut-sebut akan kalah melawan Serena.

Kemenangan Stosur merupakan kejutan seperti pada dua laga sebelumnya, Prancis Terbuka dan Wimbledon. Kedua gelar tersebut disabet oleh petenis non-unggulan, yaitu Li Na pada kejuaraan Prancis Terbuka dan Petra Kvitova di ajang Wimbledon.

"Ini adalah salah satu hari terbaik dalam hidup saya. Saya sangat beruntung bisa melewati tahap ini," ungkap Stosur seperti dilansir AP.

Sementara, kekalahan ini merupakan kekalahan ketiga Serena saat bertanding di laga puncak Grand Slam. Serena pernah dikalahkan oleh Maria Sharapova pada final Wimbledon 2004.

Serena mengaku dirinya banyak melakukan kesalahan. Namun, ia tak memungkiri penampilan Stosur di laga puncak tersebut memang lebih baik daripada dirinya. "Dia bermain sangat baik. Dia pemain hebat. Aku berusaha melakukan yang terbaik, namun ia berhasil bermain lebih baik daripada saya," kata Serena.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement