Jumat 09 Sep 2011 11:26 WIB

Djokovic dan Federer Bertemu di Semifinal AS Terbuka

Novak Djokovic
Novak Djokovic

REPUBLIKA.CO.ID,NEW YORK - Petenis nomor satu dunia, Novak Djokovic, dan juara lima kali Roger Federer akan bertemu di semifinal turnamen AS Terbuka. Sedangkan, laga final tunggal putra terpaksa diperpanjang hingga Senin karena lapangan dilanda hujan selama dua hari.

Unggulan utama Djokovic, runner-up pada 2007 dan 2010, menempatkan diri untuk kelima kalinya di semifinal setelah mengalahkan lawannya yang juga teman setim di Piala Davis Serbia, Janko Tipsarevic. Janko mengundurkan diri karena cedera pada paha kiri.

Djokovic, yang membukukan angka 7-6, 6-7 (3/7), 6-0, 3-0, akan berhadapan dengan Federer untuk keempat kalinya. Pemain bintang dari Swiss itu lolos ke empat besar setelah mengalahkan lawannya dari Prancis, Jo-Wilfried Tsonga, dengan angka 6-4, 6-3, 6-3.

Pemenang pertandingan itu akan tampil di laga final, Senin (12/9), setelah panitia mengalami kedodoran waktu akibat hujan yang melanda lapangan sehingga pertandingan dibatalkan Selasa dan Rabu kemarin.

Pertandingan final tunggal puteri diadakan Ahad berubah dari rencana semula pada Sabtu. Sedangkan, laga semi final putera dan puteri diadakan Sabtu.

Djokovic menoreh kemenangan ke-62 dalam turnamen selama 2011 ketika pemain debut di perempat final Grand Slam, Tipsarevic, mengalami cedera pada set ketiga. "Saya merasa ia mengalami masalah pada set ketiga setelah pada dua set sebelumnya terjadi tie-break. Servisnya tidak jalan dan gerakannya semakin lamban," kata Djokovic.

Sementara, Federer melakukan balas dendam atas kekalahannya di Wimbledon atas Tsonga. Pertemuan semifinal itu menjadi yang keempat kalinya di AS Terbuka bagi Federer dan Djokovic. Pertemuan ini sekaligus pertemuan yang pertama sejak pemain Swiss itu mengakhiri kemenangan ke-43 pemain Serbia itu di Prancis Terbuka pada Juni lalu.

"Saya tidak tahu apakah yang terjadi di Paris dapat menolong saya atau dia. Ini merupakan pertandingan hebat dan kemenangan amat khusus. Ini merupakan pertandingan terhebat tahun ini," kata Federer.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement