Jumat 22 Apr 2011 06:41 WIB

Nadal Perpanjang Rekor Kemenangan Tanah Liat

Rafael Nadal
Foto: AP/Manu Fernandez
Rafael Nadal

REPUBLIKA.CO.ID,BARCELONA - Petenis unggulan teratas, Rafael Nadal, memperpanjang rekor kemenangan lapangan tanah liat beruntunnya menjadi 31 pertandingan setelah petenis Spanyol itu meraih kemenangan 6-3, 6-1 atas Santiago Giraldo pada turnamen ATP Barcelona Terbuka pada Kamis (21/4) waktu setempat. Nadal sedang mengincar gelar keenamnya pada turnamen di negaranya itu dalam tujuh kali turnamen setelah absen pada turnamen 2010 karena sedang menjalani perawatan cedera lutut.

Dia maju ke perempat final setelah bertanding kurang dari 90 menit. Nadal berhasil lolos dari set pertama dengan lima "break" melawan petenis asal Amerika Selatan tersebut. Pada set kedua, Nadal unggul 3-0 dan kemudian dengan cepat menyelesaikan set tersebut.

Petenis nomor satu dunia itu terakhir kali kalah di lapangan tanah liat sewaktu di Roland Garros pada 2009 oleh Robin Soderling pada babak keempat. Nadal kini mencatat 26 kemenangan dan empat kekalahan selama musim ini. Dia mencatat rekor menang-kalah 27-1 di Barcelona.

Pada Jumat (22/4) ini, Nadal akan menghadapi Gael Monfils yang mengalahkan sesama petenis Prancis, Richard Gasquet, dengan skor 6-4, 7-6. Unggulan keempat yang menjadi finalis Monte Carlo, David Ferrer, juga meraih kemenangan setelah mengalahkan petenis Rumania Victor Hanescu 6-3, 6-2. Petenis Austria, Juergen Melzer, mengalahkan petenis Spanyol, Albert Montanes, dengan angka 6-7, 6-3, 6-2 untuk bisa melakukan pertandingan ulang semifinal Monte Carlo. Melzer saat itu kalah dari Ferrer.

Ferrer juga memiliki sejarah gemilang di Barcelona. Dia mencapai semifinal atau lebih baik lagi selama empat tahun terakhir. Ferrer kalah pada dua kali final dari Nadal pada turnamen tersebut.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement