Jumat , 14 October 2016, 17:02 WIB

Ini Titik-Titik Pengamanan Peparnas XV

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Irfan Fitrat
Republika/Raisan Al Farisi
Sejumlah anggota paskibraka melakukan gladi resik Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) di Stadion Siliwangi, Bandung, Jawa Barat, Jumat (14/10).
Sejumlah anggota paskibraka melakukan gladi resik Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) di Stadion Siliwangi, Bandung, Jawa Barat, Jumat (14/10).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Sebanyak 4.562 personel dikerahkan untuk melakukan pengamanan selama agenda Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV/2016 Jawa Barat. Personel pengamanan gabungan ini terdiri atas aparat Polda Jawa Barat, TNI, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

“Seluruh kegiatan mulai tanggal 15-24 (Oktober) kita kerahkan kurang lebih 4.562 personel pengamanan,” kata Wakil Kepala Polda Jawa Barat Brigjen Pol Nana Sudjana di Stadion Siliwangi, Kota Bandung, Jumat (14/10).

Nana mengatakan, pengamanan ini akan disebar di sejumlah titik. Mulai dari saat penjemputan kontingen, penginapan, hingga saat pertandingan berlangsung. Selain itu, kata dia, akan ada juga pengawalan atlet saat dari tempat penginapan menuju ke lokasi pertandingan. 

Personel keamanan juga disiagakan ketika upacara pembukaan dan penutupan Peparnas XV. Untuk upacara pembukaan, Sabtu (15/10), ribuan personel disiapkan agar acara berlangsung kondusif. “Pembukaan, pengerahan personel sampai 2.200 personel,” ujar dia.

Beberapa titik di sekitar Stadion Siliwangi rencananya ditutup untuk kelancaran akses para tamu undangan hingga suporter dan masyarakat yang ingin hadir memeriahkan upacara pembukaan. Nana mengatakan, personel pengamanan ini akan terus disiagakan selama sembilan hari pelaksanaan Peparnas XV. Sehingga, ajang pesta olahraga nasional empat tahunan itu dapat berjalan lancar.