Rabu , 03 January 2018, 15:00 WIB

Dovizioso Percaya Diri Menyongsong Musim Balap 2018

Rep: Taufiq Alamsyah Nanda/ Red: Israr Itah
EPA-EFE/AHMAD YUSNI
Andrea Dovizioso
Andrea Dovizioso

REPUBLIKA.CO.ID, CESENA -- Pembalap Ducati Andrea Dovizioso menegaskan tak ada keraguan lagi dalam dirinya tentang persaingan meraih gelar MotoGP musim 2018. Sebelumnya, pembalap Italia ini menjadi runner-up di bawah Marc Marquez pada kompetisi musim lalu.

Banyak capaian yang diraih Dovizioso sepanjang 2017. Ia telah memenangkan enam balapan dan menjadi rival berat Marquez hingga putaran terakhir di Valencia.

"Saya tidak ragu lagi saya bisa memperjuangkannya," Dovizioso mengatakan kepada Radio Italia 1, dilansir dari Motorsport, Rabu (3/1). "Untuk memenangkannya adalah hal lain, tapi jika Anda memiliki modal yang baik, Anda bekerja dengan baik dan Anda tahu kekurangan motor Anda, Anda dan tim Anda bisa membuat perbedaan.

Menurutnya, timnya mendapatkan posisi yang cukup baik dan akan menunjukkan performa yang tak mengecewakan pada musim 2018. Kendati demikian, ia mengakui masih banyak kekurangan yang perlu diperbaiki. 

"Akan sulit untuk memperbaiki kelemahan pada 2018, tapi kami tahu persis apa yang harus kami lakukan dan memperbaiki di mana," ujarnya.

Merefleksikan musim 2017, Dovizioso memilih GP Silverstone pada Agustus sebagai kemenangannya yang paling memuaskan. Bukan karena menjadi yang tercepat pada ajang tersebut, tetapi karena mereka melakukannya dengan sempurna.

"Bertarung sampai akhir benar-benar bagus. Kami berhasil menjadi kompetitif sepanjang musim," kata dia. 

Pria kelahiran kota kecil Forlimpopoli ini tidak menganggap kesuksesan 2017 akan meningkatkan tekanan untuknya musim 2018. Ia menilai tak akan ada banyak perubahan saat musim baru dimulai pada 18 Maret di Sirkuit Losail, Qatar.

"Hanya ada pengembangan motor, jadi saya pikir kami bisa memulai (2018) seperti saat kami menyelesaikan (2017). Saya pikir para pesaing melihat kami dengan cara yang berbeda dari awal musim ini."