Ahad , 05 November 2017, 21:35 WIB

Rossi Sarankan Zarco Tolak Motor YZM-2017 Musim Depan

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Israr Itah
Shizuo Kambayashi/AP
Johann Zarco di atas Yamahanya.
Johann Zarco di atas Yamahanya.

REPUBLIKA.CO.ID, VALENCIA -- Pembalap Yamaha Movistar, Valentino Rossi menyarankan Johann Zarco, pembalap satelit Yamaha menolak diberikan YZM-2017 musim depan. Pembalap Yamaha Tech-3 itu tampil gemilang tahun ini menggunakan motor 2016.

"Zarco tidak bodoh. Motor 2016 bekerja sangat baik di lintasan basah. Jadi, saya mengerti mengapa Zarco berharap dia tak mendapatkan motor 2017 tahun depan," kata Rossi, dilansir dari Autosport, Ahad (5/11).

Rossi mengatakan Zarco mendapatkan gelar juara Moto2 pertamanya pada 2015. Saat itu, dia menggunakan motor lama ketika Kalex menawarkannya motor terbaru keluaran 2016.

"Dia menolaknya dan dia memenangkan kejuaraan lagi," kata Rossi.

Zarco mengatakan, Yamaha melakukan banyak kesalahan dengan motor terbaru tahun ini. Di Phillip Island, Rossi dan rekan setimnya Maverick Vinales masing-masingnya hanya finis ketujuh dan kesembilan, sementara Zarco bisa naik podium ketiga.

"Jika Yamaha membuat banyak kesalahan dengan motornya tahun ini, saya pikir mereka tak akan memberikannya ke Tech-3," kata Zarco.

Vinales sepakat Zarco harus menolak motor 2017 tahun depan. Menurutnya, Zarco akan menemukan lebih banyak masalah dengan motor prototipe tahun ini.

"Kami berharap bisa mendapat lebih banyak informasi tahun depan tentang apa yang kami uji coba di motor sekarang," kata Vinales.