Ahad , 29 Oktober 2017, 08:16 WIB

Sebastian Vettel Start Terdepan di GP Meksiko

Red: Andri Saubani
EPA-EFE/José Méndez
Pembalap Ferrari, Sebastian Vettel.
Pembalap Ferrari, Sebastian Vettel.

REPUBLIKA.CO.ID, MEXICO CITY -- Sebastian Vettel membawa Ferrari berada di posisi start terdepan untuk balapan Grand Prix Meksiko pada akhir pekan ini. Adapun, favorit peraih gelar juara Lewis Hamilton akan start dari posisi ketiga dan berpeluang besar mengamankan gelar dunia keempatnya.

Ini merupakan pole position ke-50 sepanjang karier Vettel di Formula 1. Namun, ia tahu bahwa kesuksesan tidak berada dalam jangkauannya.

Hamilton memimpin 66 poin atas pebalap Jerman itu, yang merupakan juara dunia sebanyak empat kali. Dan pembalap Mercedes itu hanya perlu finis di posisi kelima untuk menjadi pebalap pertama asal Britania yang memenangi empat gelar dunia dengan dua balapan tersisa.

"Itu tergantung kepada Lewis. Bagi kami, kami akan maksimal. Kami layak mendapatkan hasil yang bagus maka mari kita lihat saja apa yang dapat kami lakukan," kata Vettel kepada para pewarta, seusai babak kualifikasi, Sabtu (28/10).

Hamilton memberi ucapan selamat kepada pembalap Jerman itu untuk pencapaian tersebut. "Saya berusaha untuk mencegahnya namun hal itu tidak terjadi. Ini merupakan sesi yang sulit dan ini adalah akhir pekan yang sulit," ucapnya.

"Mereka melakukan pekerjaan hebat dan mobil mereka bekerja lebih baik dibandingkan (mobil-mobil) kami pada akhir pekan ini, namun saya masih ada di sini untuk bertarung," kata Hamilton.

Pembalap Red Bull, Max Verstappen, yang kelihatannya akan menjadi pebalap termuda di olahraga ini yang sempat menghuni pole position sampai putaran akhir Vettel mencatatkan waktu satu menit 16,488 detik, lolos kualifikasi bersama Vettel di baris depan.

Bagaimanapun, pmebalap Belanda itu tengah berada di bawah investigasi untuk dugaan sengaja menghambat rekan setim Hamilton, Valtteri Bottas, pada fase kedua sesi kualifikasi. "(Posisi) kedua bagus namun itu tidak semestinya terjadi. Saya benar-benar menginginkan "pole position" itu," kata pebalap 20 tahun tersebut, yang mengecilkan insiden yang terjadi.

Sumber : Antara/Reuters