Ahad 22 Oct 2017 11:20 WIB

Joan Mir Juara Moto3 Musim 2017

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Ratna Puspita
Joan Mir
Foto: EPA-EFE/TRACEY NEARMY AUSTRALIA AND NEW ZEALAND OUT
Joan Mir

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE--Pembalap muda asal Spanyol Joan Mir menjadi juara dunia Moto3 2017 usai meraih podium pertama pada seri ke-16 musim ini di Australia, Ahad (22/10) pagi WIB. Kemenangan di Sirkuit Phillip Island itu jadi yang kesembilan dicatatkan oleh Mir sepanjang musim ini.

Atas keberhasilannya, pembalap 20 tahun itu sukses mengoleksi 296 angka, unggul jauh dari pesaing terdekat, Romano Fenati yang punya 226 poin. Dengan musim ini cuma bersisa dua race lagi, torehan angka Mir sudah dipastikan tak akan bisa dikejar oleh Fenati. 

Hal itu karena jikapun Fenati mendapatkan angka tambahan maksimal dari dua race, yakni 50, pencapaiannya di klasemen tak akan mampu mengungguli poin milik Mir. Mir pun sangat bahagia dengan keberhasilannya ini. 

Pembalap milik tim Leopard Racing ini mengatakan, race di Philip Island sempat berjalan sulit baginya. Ketika sedang memimpin race di posisi pertama dengan sisa tujuh lap, tiba-tiba hujan besar turun menerpa sirkuit.

Bendera merah pun sempat dikibarkan petugas sebagai tanda race harus dihentikan sementara. Mir merasa beruntung karena ia bisa tetap menaklukkan lawan-lawannya dan finis di posisi pertama.

"Sangat luar biasa. Saya merasakan hal yang hebat ketika mencapai finis. Saya sudah sangat lama memimpikan hal ini terjadi," kata Mir kepada Fox Sport, dikutip Ahad.

Mir pun mengaku siap naik kelas untuk menjalani musim 2018 di Moto2. Pemilik motor dengan nomor 36 ini ingin segera beranjak ke kelas berikutnya yang merupakan kasta terelit di dunia balap motor dunia, yakni Moto Grand Prix (GP).

"Saya sudah berusaha keras untuk mencapai titik ini. Sekarang saya adalah juara dunia. Waw, luar biasa bisa mengatakannya. Saya sangat bersemangat menatap musim depan," kata Mir.

Berikut peraih podium Moto3 di seri Australia:

1. Joan Mir SPA Leopard Racing (Honda) 24m 51,490d

2. Livio Loi BEL Leopard Racing (Honda) 24m 51,841d

3. Jorge Martin SPA Del Conca Gresini Moto3 (Honda) 24m 51,849d

Berikut tiga besar klasemen Moto3 hingga seri ke-16 :

1. Joan Mir, Leopard Racing, 296 poin

2. Romano Fenati, Ongetta-Rivacold, 226 poin

3. Aron Canet, Estrella Galicia, 184 poin.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement