Sabtu , 07 October 2017, 11:33 WIB

Doohan Jagokan Marquez Ungguli Dovi Jadi Juara MotoGP

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Israr Itah
EPA-EFE/Antonio Garcia
Aksi Andrea Dovizioso di GP Aragon, Ahad (24/9).
Aksi Andrea Dovizioso di GP Aragon, Ahad (24/9).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Marc Marquez dari Repsol Honda dan Andrea Dovizioso dari Ducati Corse sama-sama berpeluang meraih mahkota juara dunia MotoGP 2017. Tapi juara dunia lima kali di kelas MotoGP 500cc Mick Doohan menilai calon juara hanya ada satu.

Pembalap legendaris asal Australia itu melihat juara dunia tahun ini mutlak jatuh ke tangan Marquez. Marquez dan Dovi terpaut 16 poin, sementara Maverick Vinales dari Yamaha Movistar tertinggal 28 agka.

Sebelum GP Aragon, Marquez dan Dovi mengantongi poin sama. Namun, saat Marquez menang di Aragon, Dovi hanya finis ketujuh. Ini meyakinkan Doohan bahwa Baby Alien akan tetap di posisi teratas dalam perebutan gelar.

"Sekarang Marc tengah membangun kepercayaan diri lebih dan lebih. Dia sekarang sudah unggul 16 poin. Angka ini memang bukan selisih yang bagus, namun cukup bagi Marc untuk lebih siap menjajal balapan berikutnya. Jika Ducati bisa bangkit kembali, tentunya itu kabar baik. Namun, saya rasa Marc terlalu kuat sekarang," kata Doohan, dilansir dari Speedweek, Jumat (6/10).

Legenda 52 tahun ini mengatakan Marquez tengah berada di puncak, meski tak mampu mengendarai motornya secara defensif. Marquez dan Honda beruntung sebab hanya tersisa empat seri saja musim ini.

Dovi bisa mengalahkan Marquez dalam duel sengit di Austria. Hal itu tetap tidak mengubah pandangan Doohan pada Marquez.

"Dia (Dovi) tidak selevel sama Marc. Meski mereka sudah saling kenal selama bertahun-tahun, saya tidak tahu apakah dia bisa mengalahkan Marc. Tapi, bisa juga saya salah. Bisa juga Dovi menunjukkan saya dirinya lebih baik," kata Doohan. 

Berita Terkait