Senin , 18 September 2017, 04:04 WIB

Duo Ferrari Kecelakaan, Hamilton Juarai Grand Prix Singapura

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Endro Yuwanto
EPA/ANDREU DALMAU
Lewis Hamilton
Lewis Hamilton

REPUBLIKA.CO.ID,  SINGAPURA -- Pembalap Mercedes Lewis Hamilton berhasil menjuarai Grand Prix Singapura, Ahad (17/9). Dalam balapan mobil Formula One (F1) kali ini, pembalap Ferrari Sebastian Vettel tersingkir akibat kecelakaan.

Hamilton memenangkan balapan walaupun start di posisi kelima. Pembalap Inggris itu berhasil lebih unggul 4,5 detik dari Daniel Ricciardo. Posisi ketiga diraih oleh rekan setim Hamilton, Valtteri Bottas.

"Jelas, Tuhan memberkati saya hari ini," kata Hamilton, Senin (18/9).

Dengan kemenangan di Sirkuit Marina Bay, Hamilton kini memuncaki klasemen sementara dengan mengoleksi 263 poin. Sementara, Vettel yang gagal finis harus puas tak mendapat poin dan kini berselisih 28 poin dari Hamilton.

Ferrari kehilangan poin dalam balapan kali ini. Vettel dan Kimi Raikkonen mengalami kecelakaan yang melibatkan pembalap Red Bull Max Verstappen saat start.

Verstappen terjepit di antara dua pembalap Ferrari. Tidak bisa lepas, Verstappen menabrak Raikkonen hingga mobil pembalap asal Finlandia itu melintir dan menabrak mobil Vettel. Raikonen pun meluncur keluar lintasan lalu kembali menabrak Verstappen untuk kedua kalinya.

Raikkonen dan Verstappen segera tersingkir dari balapan. Tapi Sebastian Vettel masih terus balapan sampai pada tikungan ketiga sebelum melintir dan menabrak dinding pembatas hingga bagian depan mobil terlepas.

Hamilton sangat bersyukur bisa menang dalam balapan kali ini. "Saya datang ke trek dengan tipe sirkuit terlemah bagi kami, dan kami menang seperti ini dan meraih beberapa poin, ini benar-benar skenario keberuntungan," katanya.