Sabtu , 16 September 2017, 22:56 WIB

Vettel Start Terdepan di GP Singapura Besok

Red: Andri Saubani
EPA/Diego Azubel
Pembalap Ferrari, Sebastian Vettel memberikan salam kepada penonton GP Singapura setelah berhasil meraih posisi start terdepan pada babak kualifikasi, Sabtu (16/9).
Pembalap Ferrari, Sebastian Vettel memberikan salam kepada penonton GP Singapura setelah berhasil meraih posisi start terdepan pada babak kualifikasi, Sabtu (16/9).

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Pembalap Ferrari, Sebastian Vettel meraih posisi start terdepan GP Singapura setelah pada babak kualifikasi, Sabtu (16/9) menjadi yang tercepat. Vettel akan bersama pembalap Red Bull, Max Verstappen di baris depan start besok, sementara pembalap Red Bull lainnya, Daniel Ricciardo menjadi tercepat ketiga pada kualifikasi.

Pemimpin klasemen sementara F1, Lewis Hamilton harus puas start kelima atau di belakang rekan Vettel, Kimi Raikkonen. Ini menjadi catatan pole ke-49 Vettel di F1 di mana ia sangat dominan di sirkuit Marina Bay, dengan rekor empat kali menang dan enam podium selama 10 tahun terakhir gelaran F1 di Singapura.

Pada babak kualifikasi, Vettel mencetak rekor tercepat satu putaran 1 menit 39, 491 detik. Dia seharusnya bisa lebih cepat jika tidak menyenggol tembok pada percobaan terakhir sesi kualifikasi ketiga (Q3). Di sirkuit jalanan yang terkenal sulit untuk menyalip pembalap lain, raihan posisi pole ini menjadi krusial bagi Vettel dalam rangka persaingan merebut gelar juara dunia F1 tahun ini.

Jelang balapan pada besok malam, Vettel dalam posisi yang bagus untuk merebut posisi puncak klasemen pembalap dari Hamilton yang sementara unggul tiga angka. Red Bull sebenarnya mendominasi sejak tiga sesi latihan bebas yang digelar sejak Kamis (14/9). Namun, dua pembalap Red Bull akhirnya harus mengakui pengalaman Vettel di Marina Bay.

Hamilton mengeluhkan temperatur bannya dan mobilnya terlihat tidak kompetitif di GP Singapura. Kondisi lebih buruk dialami oleh Bottas yang terbilang masih beruntung dapat finis enam besar pada babak kualifikasi. Sirkuit Marina Bay dengan 23 tikungan dan sedikit trek lurus memang lebih menguntungkan Ferrari ketimbang Mercedes, dan itu terlihat sejak sesi latihan bebas.

Sumber : AP