Kamis , 14 September 2017, 13:08 WIB

Marquez 'Awasi' Vinales di Aragon

Rep: Mutia Ramadhani / Red: Endro Yuwanto
EPA/Filip Singer
Marc Marquez (kiri) dan Maverick Vinales saat balapan di GP Jerman, Sirkut Sachsenring, 1 Juli lalu.
Marc Marquez (kiri) dan Maverick Vinales saat balapan di GP Jerman, Sirkut Sachsenring, 1 Juli lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, ARAGON -- Jagoan Repsol Honda, Marc Marquez berhasil menaklukkan lintasan basah di Misano, Italia akhir pekan lalu. Pembalap MotoGP asal Spanyol itu kini mengawasi rivalnya, Maverick Vinales di Aragon, Spanyol.

Marquez mengantongi poin sama, 199 poin dengan pembalap Ducati Andrea Dovizioso. Baby Alien, julukan Marquez, mengatakan, Dovi kuat di semua trek karena motor Ducati bisa melaju di semua jenis sirkuit.

"Tapi kami juga tak bisa meremehkan Maverick Vinales. Dia hanya terpaut 16 poin dari kami dan juga cepat di trek basah. Dia boleh saja masih bermasalah dengan motornya beberapa waktu lalu, namun kini dia sudah dekat dari kami," kata Marquez, dilansir dari Speedweek, Kamis (14/9).

Adpun Dovi mengatakan, lima balapan terakhir adalah perang terbuka. Pembalap Italia itu menilai dirinya dan rekan setimnya, Jorge Lorenzo masih bisa mencetak poin banyak di Aragon, Jepang, Australia, Malaysia, dan Valencia.

Dovi tak bisa mengatakan cara supaya tetap berada di depan. Ia mengakui ada trek yang sangat dia suka dan tidak begitu suka, namun kinerja motor dan kesiapan ban sesungguhnya memainkan peran lebih besar.

"Saya pikir kejuaraan dunia kali ini benar-benar terbuka. Tentu saja Marc dan Honda sangat kuat saat ini. Namun, Ducati beberapa rute dan kondisi tertentu juga memperlihatkan kemajuan. Saya berharap balapan ini semakin menyenangkan sampai akhir," kata pembalap usia 31 tahun ini.