Rabu 13 Sep 2017 14:49 WIB

Pembalap Belanda Ini Penasaran Tunggangi Motor Rossi

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Endro Yuwanto
Valentino Rossi
Foto: EPA/TRACEY NEARMY
Valentino Rossi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Yamaha secara resmi mengumumkan bahwa Michael van der Mark akan menggantikan posisi Valentino Rossi sebagai pembalap mereka. Pembalap asal Belanda itu akan membuat debutnya di MotoGP pada balapan di Grand Prix Aragon 24 September 2017 mendatang.

 

Van Der Mark mengaku senang diberi kesempatan untuk mengendarai YZR-M1 milik Yamaha di Aragon. Van Der Mark akan membalap untuk Yamaha bersama Maverick Vinales. Ia mengaku belum pernah menunggangi motor MotoGP sebelumnya. Karena itu, kesempatan kali ini akan menjadi pengalaman yang baru bagi pembalap asal Belanda itu.

"Saya sangat penasaran untuk melihat bagaimana rasanya mengendarai mesin semacam itu, saya sadar tidak akan mudah menjalani sesi latihan resmi tanpa pengujian sebelumnya. Meski begitu, saya sangat berterima kasih kepada Yamaha karena kesempatan itu. Saya yakin itu akan menjadi pengalaman belajar yang hebat," kata Van Der Mark.

Van Der Mark melangkah ke WorldSBK dengan Ten Kate Honda dan meraih juara World Supersport pada 2015. Setelah sembilan podium dan podium keempatnya di kejuaraan tahun lalu, ia beralih ke tim Yamaha WorldSBK. Van Der Mark telah mengklaim catatan terbaik dengan finis di posisi keempat musim ini.

Van der Mark juga membuat sepuluh penampilan grand prix di kelas 125cc dan Moto2 antara 2008 dan 2011. Dengan hasil terbaik diperolehnya dengan menempati urutan ke-18 di balapan Assen pada 2009. Van der Mark sekarang pun ditetapkan sebagai pembalap Belanda pertama sejak Jurgen van den Goorbergh pada 2005 yang memacu balapan di MotoGP.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement