Rabu , 13 September 2017, 14:45 WIB

Yamaha Resmi Gantikan Rossi dengan Van der Mark di MotoGP

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Endro Yuwanto
twitter
Michel van der Mark
Michel van der Mark

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Yamaha secara resmi mengumumkan bahwa Michael van der Mark akan menggantikan posisi Valentino Rossi sebagai pembalap mereka. Pembalap asal Belanda itu akan membuat debutnya di MotoGP pada balapan di Grand Prix Aragon 24 September 2017 mendatang.

Rossi terpaksa absen untuk menjalani pemulihan selama 40 hari, setelah ia mengalami patah tulang pada tibia dan fibula kanannya selama sesi latihan pada 31 Agustus lalu. Sehingga, pembalap veteran asal Italia itu juga absen pada balapan di GP Misano akhir pekan lalu.

Yamaha secara kontrak diwajibkan untuk menggantikan Rossi di Aragon. Direktur Manajemen Yamaha Racing, Lin Jarvis mengatakan, setelah insiden Rossi, Yamaha memutuskan untuk tidak menggantikannya di GP San Marino.

Namun, untuk GP Aragon, tim diwajibkan untuk memasukkan dua pembalap. Karena Rossi tidak memungkinkan untuk bugar bagi balapan di Aragon, Yamaha memutuskan untuk mencari pengganti yang mampu dari dalam ruang pembalap yang dikontrak.

Sebelumnya, Yamaha pernah menurunkan Katsuyuki Nakasuga sebagai pengganti Jorge Lorenzo pada 2011 dan Alex Lowes untuk menggantikan Bradley Smith pada 2016.

"Kami memutuskan bahwa Michael van der Mark harus memiliki kesempatan kali ini. Tidak mudah untuk masuk menggantikan pembalap lain. dan bahkan lebih sulit untuk menggantikan Valentino Rossi, tapi kami percaya bahwa Michael memiliki semua kredensial dan pengalaman untuk melakukan pekerjaan dengan baik," kata Jarvis, dilansir dari Crash, Rabu (13/9).

Jarvis mengatakan, Yamaha akan memberikan dukungan terbaiknya untuk Van der Mark. Mereka berharap pembalap berusia 24 tahun itu bisa meraih kesuksesan dalam kesempatan yang menarik ini. Ia juga berharap Rossi akan segera pulih dan kembali membesut YZR-M1 miliknya.