Sabtu 02 Sep 2017 13:23 WIB

Valentino Rossi Harus Istirahat 40 Hari

Valentino Rossi
Foto: EPA-EFE/TIM KEETON
Valentino Rossi

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA — Legenda MotoGP asal Italia Valentino Rossi telah menjalani operasi karena cedera patah kaki yang dia alami pada sesi latihan. Dokter mengonfirmasi pada Jumat (1/9) waktu setempat, Rossi harus beristirahat selama 40 hari. 

Jika pembalap berusia 38 tahun absen selama dua bulan maka dia akan absen pada dua balapan MotoGP berikutnya di San Marino dan Spanyol. Namun, dia mungkin bisa kembali ketika seri balapan Jepang pada 15 Oktober.

"Ini akan sangat bergantung padanya tapi saya pikir dia harus beristirahat setidaknya 40 hari," kata Dr. Raffaele Pascarella, yang melakukan operasi tersebut, dilansir dari Foxsports, Sabtu (2/9). 

Namun, dokter mengatakan, Rossi punya semangat tinggi untuk pulih dengan mengatakan ingin kembali sesegera mungkin. Juara dunia sembilan kali di semua kategori berada di atas sebuah motor off-road saat kecelakaan itu terjadi di kota kelahirannya, Urbino, bagian timur Italia, pada Kamis (31/8). 

Dia pertama kali dipindahkan ke rumah sakit di Urbino. Kemudian, dia menjalani operasi di Ancona. "Valentino Rossi berhasil melakukan operasi pada kaki kanannya yang patah,” kata tim Yahama mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Rossi mengatakan operasi berjalan dengan baik. “Pagi ini, saat saya terbangun, saya merasa sudah baik, "kata Rossi. 

Dia mengucapkan terima kasih kepada Pascarella. Dia juga mengaku sangat menyesal atas kejadian tersebut. “Sekarang saya ingin kembali ke motor saya sesegera mungkin. Saya akan melakukan yang terbaik untuk mewujudkannya!” kata dia, bertekad. 

Dokter mengatakan Rossi akan tinggal di rumah sakit selama tiga sampai empat hari. Kemudian, dia akan memulai fisioterapi. Namun, dia harus beristirahat selama 40 hari lagi.

Pascarella menambahkan bahwa sebuah pin yang disisipkan untuk menstabilkan kaki Rossi. Pin itu akan terpasang di lokasi yang mengalami cedera selama 18 bulan. 

Rossi berada di posisi keempat klasemen sementara MotoGP musim ini setelah 12 dari 18 balapan. Ini adalah kali kedua Rossi mengalami kecelakaan tahun ini. Pada Mei lalu, dia dirawat di rumah sakit karena cedera dada dan perut setelah terjatuh ketika latihan motorcross.

Rossi sempat memimpin klasemen MotoGP 2017 setelah tiga kali berturut-turut meraih kemenangan yakni di Qatar, Argentina dan Amerika Serikat. Ia menghidupkan kembali mimpinya untuk gelar kedelapan di balapan bergengsi ini dengan kemenangan di Grand Prix Belanda pada akhir Juni.

San Marino akan menjadi tuan rumah balapan berikutnya pada 10 September mendatnag. Rossi tertinggal 26 poin di bawah Andrea Dovizioso yang memimpin klasemen sementara. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement