Rabu , 16 Agustus 2017, 11:40 WIB

Crutchlow Sayangkan Keputusan Aprilia Pecat Sam Lowes

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Israr Itah
EPA/Javier Cebollada
Pembalap asal Inggris, Sam Lowes.
Pembalap asal Inggris, Sam Lowes.

REPUBLIKA.CO.ID, SPIELBERG -- Pembalap asal Britania Raya, Sam Lowes kehilangan tempatnya di Aprilia Racing 2018. Posisinya akan diambil alih Scott Redding setelah kurang dari setahun membela tim tersebut.

Pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow menyayangkan keputusan Aprilia. Dia bahkan tampak kesal akan nasib teman satu negaranya itu.

"Saya pikir itu memalukan. Pada akhirnya Anda pasti menyebut, 'Crutchlow kesal kan?' Sebetulnya apa sih yang mereka harapkan dari pembalap yang baru masuk tahun pertama MotoGP? Mau seperti (pembalap baru) Yamaha?" katanya, dilansir dari Speedweek, Rabu (16/8).

Crutchlow menyebut Lowes perlu diberi waktu setahun lagi untuk menunjukkan kekuatannya. Pembalap kelahiran 14 September 1990 itu bahkan baru masuk ke MotoGP.

Ia menyebut performanya pada musim perdana di MotoGP mungkin lebih buruk dari Lowes. Menurut Crutchlow, Aprilia mempermalukan Lowes seperti sampah. Crutchlow sepeda motor Aprilia tak banyak bekerja di sejumlah sesi balap, ditambah kepala krunya kurang ramah.

"Mungkin ada seratus alasan. Lalu, sekarang mereka menempatkan pembalap baru (Redding) yang tak lebih baik dari Sam. Dia (Lowes) adalah pembalap yang sebetulnya memiliki banyak peluang. Ini bukan pendapat saya pribadi saja, tapi fakta di lapangan," kata Crutchlow.

Aprilia menyebut tim ingin memiliki pembalap dengan risiko minim. Crutchlow menyindir alasan Aprilia tersebut. Menurut Crutchlow, Lowes hanya butuh waktu.

"Jangan lupa, saya adalah kawan Sam, jadi saya kenal betul dia untuk waktu lama. Apa yang terjadi sekarang tidak adil, saya tidak setuju. Dia layak diberi kesempatan. Dia cepat. Hanya ada dua atau tiga pembalap di dunia yang bisa langsung lincah begitu masuk kelas MotoGP. Saya pikir itu tidak adil," ujar Crutchlow.

Redding dipastikan hijrah ke Aprilia tahun depan, berdampingan dengan Aleix Espargaro. Ini tentu saja kabar buruk bagi Lowes, sebab sejatinya dia masih punya kontrak hingga akhir 2018.

Tim Italia ini sejak GP Spanyol akhir Juni lalu kerap 'panas' dengan penampilan Lowes yang tak kunjung memberi hasil signifikan untuk tim. Lowes sempat mengatakan dia kurang mendapat dukungan teknis sebagaimana rekan satu timnya.