Ahad , 13 Agustus 2017, 22:39 WIB

Tiga Kali Overtaking, Dovizioso Asapi Marquez di GP Austria

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
AP Photo/Kerstin Joensson
Andrea Dovizioso (tengah) berhasil menjuarai GP Austria, Ahad (13/8).
Andrea Dovizioso (tengah) berhasil menjuarai GP Austria, Ahad (13/8).

REPUBLIKA.CO.ID, SPIELBERG -- Pebalap asal Italia Andrea Dovizioso berhasil mencatat kemenangan ketiga pada MotoGP musim ini dengan menjuarai GP Austria 2017 di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Ahad (13/8). Pembalap Ducati dipaksa tampil habis-habisan oleh rivalnya dari tim Honda Repsol Marc Marquez sebelum akhirnya memenangkan balapan.

Dovizioso mencatatkanya waktu 39 menit 43,323 detik. Ia hanya unggul 0,176 dari Marquez lewat balapan yang menegangkan.

Marquez mengawali lomba dari posisi terdepan namun Jorge Lorenzo berhasil memimpin sejak lap pertama. Saat memasuki lap ke-11, the Baby Alien mampu mengambil alih posisi dengan menyalip Lorenzo untuk berada di urutan pertama.

Pada sisa balapan, Marquez dan Dovizioso terlibat persaingan ketat untuk menjadi yang terdepan. Sementara dua rider Yamaha Movistar, Valentino Rossi dan Maverick Vinales lebih banyak melakukan kesalahan dan harus puas tersingkir dari tiga besar.

Memasuki lap ke-16, Dani Pedrosa menunjukkan kemampuan dengan merayap ke posisi empat besar. Pembalap Repsol Honda tersebut berusaha mengambil celah dari persaingan Marquez-Dovizioso di posisi terdepan.

Memasuki lima lap terakhir perlombaan, Dovizioso dan Marquez tercatat lebih dari tiga kali terlibat aksi overtaking. Persaingan Dovi dan Marquez bahkan sampai tikungan terakhir menjelang garis finis, dimana Marquez mencoba mengambil jalur Dovi namun gagal.

Pebalap yang dijuluki the Little Dragon berhasil menjadi pembalap pertama yang menyentuh garis finis di GP Austria 2017, disusul Marquez ditempat kedua dan Dani Pedrosa berada di posisi ketiga.

Untuk diketahui kemenangan ini merupakan yang ketiga bagi pebalap yang juga mengidolakan klub AC Milan setelah di GP Italia dan Katalunya Spanyol. Kemenangan tersebut juga menegaskan dominasi motor Ducati di Sirkuit Red Bull Ring dalam dua musim terakhir.

Marquez masih memimpin klasemen dengan 174 angka, unggul 16 poin dari Dovizioso. Vinales turun ke peringkat ketiga dengan 150 angka, disusul Rossi dengan nilai 141.