Ahad 02 Jul 2017 02:48 WIB

Pole Position Buka Peluang Marquez Kejar Dovisiozo

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Ratna Puspita
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez di GP Italia, Sirkuit Mugello.
Foto: EPA/Luca Zennaro
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez di GP Italia, Sirkuit Mugello.

REPUBLIKA.CO.ID, SACHSENRING -- Pembalap Repsol Honda Marc Marquez menunjukkan reputasinya sebagai Raja Sachsenring dengan mencatat pole position pada sesi kualifikasi MotoGP Seri Jerman, Sabtu (1/7). Ini merupakan pole position ke delapan kali beruntun bagi Marquez di Sirkuit Sachsenring. 

Marquez pun berharap posisi terdepan pada balapan Ahad (2/7) bakal membuka peluang dia untuk mengejar pembalap yang berada di papan atas klasemen sementara MotoGP 2017. "Ini adalah sirkuit yang memungkinkan bagi saya untuk mengejar para pembalap di papan atas dan kami akan mencobanya," kata dia, dilansir dari Motosport, Ahad (2/7).

Saat ini, Marquez menduduki peringkat 4 dengan koleksi 104 poin. Pembalap asal Spanyol itu tertinggal 11 angka dari Andrea Dovizioso yang memuncaki klasemen sementara. Di peringkat dua, ada Maverick Vinales dengan 111 poin sedangkan pembalap asal Italia, Valentino Rossi, berada di posisi ketiga dengan 108 angka. 

Marquez mengatakan kemenangan bakal membuka peluangnya dalam perburuan juara kalaupun Dovizioso dan Vinales menduduki posisi runner-up pada balapan hari ini. “Kami tidak punya kesempatan ini setiap pekan namun target saya finis di depan mereka sehingga saya bisa menjadi juara," kata dia. 

Marquez menjadi pemegang rekor pembalap yang paling sering menang di Sanchsenring. Ia tujuh kali menang sejak di kelas 125cc. 

Sebelum sesi kualifikasi, Marquez mengatakan dia tidak bisa menjelaskan kenapa ia bisa begitu kuat di Sirkuit Sachsenring, Jerman. "Saya tidak tahu alasannya. Saya mengganggapnya, karena sirkuit ini banyak tikungan kiri, yang membuat saya lebih baik," ujar dia. 

Namun, ia sempat keberatan dengan renovasi aspal sirkuit ini. "Ketika mereka mengatakan akan mengaspal ulang sirkuit, saya tidak ingin mereka melakukannya," ujar Marquez. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement