Kamis , 20 April 2017, 22:37 WIB

Kaki Pembalap F4 Diamputasi Setelah Alami Kecelakaan Mengerikan

Rep: Lintar Satria/ Red: Andri Saubani
fiaformula4.com
Pembalap F4 asal Inggris, Billy Monger.
Pembalap F4 asal Inggris, Billy Monger.

REPUBLIKA.CO.ID, DONINGTON—Seorang remaja laki-laki kehilangan dua kakinya setelah mengalami kecelakaan di Formula Empat (F4). Billy Monger baru berusia 17 tahun saat ia menabrak bagian belakang mobil yang berada di depannya di sirkuit Donington Park, Ahad (16/4).

Ia terjebak selama 90 menit di mobilnya sebelum bisa dikeluarkan dan dibawa ke rumah sakit. "Karena cedera yang sangat parah dan dengan segala usaha, dengan sangat menyesal dua kaki Billy harus diamputasi," kata Federasi Otomobil Internasional (FIA) junior, Kamis (20/4).

Billy masih koma sehabis dioperasi. Diperkirakan, ia akan bangun beberapa hari ke depan. Beberapa laman crowd-funding sudah dibuat untuk penggalangan dana biaya perawatan dan penyembuhan Billy. Situs The Just Giving berhasil menggalang dan sebesar 332 ribu dolar AS untuk Billy.

Bersama komunitas olahraga otomotif lainnya para pembalap Formula Satu mengekspresikan dukungan mereka di Twitter.  "Doa dan pikiran saya bersamamu dan keluargamu," kata juara dunia tiga kali Lewis Hamilton di Twitter-nya.

"Baru saja melihat tabrakan @BillyMonger dan hanya bisa mengucapkan hidup sangat kejam. Mari bantu pembalap muda ini," kata mantan pembalap Formula Satu, Johnny Herbert.  Herbert juga pernah cedera kaki saat ia dikejuaraan junior. Ia tabrakan di Brands Hatch pada 1988.

Video tabrakan Billy Monger di sirkuit Donington Park. (Sumber: Youtube)

Sumber : Reuters