Senin 17 Apr 2017 15:16 WIB

Kalahkan Duo Mercedes, Vettel Sebut Kemenangan di GP Bahrain Penting

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Israr Itah
Sebastian Vettel saat finis pertama di GP Bahrain
Foto: AP Photo/Andrej Isakovic
Sebastian Vettel saat finis pertama di GP Bahrain

REPUBLIKA.CO.ID, SAKHIR -- Pembalap Ferrari, Sebastian Vettel, keluar sebagai juara pada seri balapan ketiga Formula 1 di Grand Prix Bahrain, Senin (17/4). Pembalap asal Jerman itu berhasil mengalahkan dua rivalnya dari Mercedes, Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas.

Pada balapan yang digelar di Sirkuit Sakhir, Vettel mencatatkan waktu satu jam 33 menit dan 53,374 detik. Hamilton membuntuti di posisi kedua dengan selisih 6,660 detik  dari Hamilton. Sedangkan di posisi ketiga, Bottas finis dengan selisih waktu 20,397 detik. 

Usai balapan, Vettel mengatakan kemenangan itu penting setelah ia membuat Mercedes marah. Vettel meraih kemenangan kedua musim ini setelah ia menyalip Hamilton di tikungan pertama. Ia lantas menyalip Bottas dan memimpin race. Kemenangan ini juga menjadi kali ketiganya bagi Vettel di Bahrain. 

"Itu penting bagi kami untuk berada di antara mereka untuk tidak memungkinkan mereka mencapai posisi di depan. Ini membuat mereka sedikit marah," kata Vettel, dilansir dari Autosport, Senin (17/4).

Pembalap berusia 29 tahun ini mengatakan, ia memiliki start yang baik dengan kecepatan yang menjadi kunci kemenangan di Bahrain. Menurutnya, pada akhir balapan ia memiliki cukup jarak yang layak ditambah marjin dari penalti Hamilton. 

Vettel mengakui, ia berusaha untuk mengendalikan kesenjangan jarak tersebut dengan Hamilton. Karena pembalap Mercedes itu melaju sangat cepat setelah keluar dari pit stop terakhir. Vettel memperkirakan Hamilton akan menjadi lebih cepat darinya. Namun, ternyata Hamilton masih tidak mampu menyalip Vettel. 

Vettel juga mengakui keunggulannya atas pembalap Mercedes membuatnya merasa tenang. Ia merasa senang dengan mobilnya. Setelah memastikan kemenangan, ia menduga penanganan yang baik dari mobilnya itu berperan dalam kekuatan kinerjanya di lintasan balap. . 

"Saya memiliki perasaan yang bagus karena Jumat sedikit campur aduk saat ia memimpin pada dua sesi latihan bebas. Kami memperbaikinya pada Sabtu, dan berpikir balapan akan tetap seperti itu," kata dia . 

Vettel juga memuji tim Ferrari, yang menurutnya telah melakukan pekerjaan yang luar biasa. Ia menegaskan perlu memastikan agar Ferrari tetap bisa menikmati sesi balapan berikutnya. Vettel mengatakan Ferrari kini kembali hidup dan ia berharap kesuksesan dalam beberapa balapan terakhir akan membantu mereka. 

Hasil kemenangan ini membuat Vettel kokoh di puncak klasemen F1 dengan torehan 68 poin, unggul tujuh angka dari Hamilton di posisi kedua.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement