Rabu 15 Mar 2017 15:52 WIB

Sean Gelael Konsisten di Sepuluh Besar

Sean Gelael
Foto: Dok Pertamina Arden
Sean Gelael

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Meski diganggu masalah elektrik pada mobilnya, pembalap Indonesia Muhammad Sean Gelael masih bisa menyelesaikan sesi latihan hari kedua, Selasa (14/3) dengan hasil yang tak mengecewakan. Pembalap yang tergabung di tim Pertamina Arden yang akan berlaga di ajang Formula Dua (F2) ini tetap konsisten berada di posisi sepuluh besar pembalap tercepat.

Sesi latihan hari kedua yang digelar di Sirkuit Katalunya, Barcelona, berlangsung lancar didukung kondisi cuaca yang cerah. Pada sesi latihan ini, semua tim menjalani qualification run dan race run.

Qualification run artinya setiap tim menjalani latihan untuk menghadapi sesi kualifikasi. Dengan demikian jumlah putaran yang dihabiskan pembalap tidak terlalu banyak karena mereka fokus mengejar waktu tercepat.

Sementara race run setiap tim dihadapkan kondisi untuk balapan. Jumlah putaran yang dilahap pebalap pun jauh lebih banyak dibanding qualification run.

Pada sesi latihan pagi, Sean membuat catatan waktu tercepat satu menit 29,906 detik. Sayangnya, saat penampilan Sean sedang bagus, masalah elektrik mengganggu mobilnya. Sensor throttle-nya bermasalah dan harus diganti.

Memasuki sesi latihan sore, masalah elektrik belum juga teratasi. Pergantian sparepart bahkan membutuhkan waktu yang lama sekitar 20 menit. Akibatnya, Sean hanya punya sisa waktu sepuluh menit untuk menyelesaikan sesi latihan.

Kondisi ini tentu sangat tidak ideal karena untuk race run yang membutuhkan putaran yang lebih banyak. Namun, Sean masih bisa menembus posisi sepuluh besar pembalap tercepat. Dia mengukir waktu tercepatnya yakni satu menit 30,680 dan berada di posisi kesembilan.

Posisi teratas ditempati pembalap tim Rapax Nyck De Vries. Pembalap asal Belanda ini menorehkan catatan waktu satu menit 29,223 detik. Rekan setim Sean, Norman Nato sempat membuat catatan waktu tercepat pada sesi latihan pagi. Torehan waktunya satu menit 28,445 detik.

Seperti musim 2016, balapan F2 musim ini juga akan berlangsung sebanyak 11 seri. Setelah sesi latihan di Barcelona sampai Rabu (15/3), para pembalap kembali mendapat kesempatan menjalani sesi latihan kedua di Sirkuit Sakhir, Bahrain pada 29-31 Maret 2017. 

Setelah itu, balapan F2 musim 2017 dimulai di sirkuit Sakhir, Bahrain pada 14-16 April 2017.⁠⁠⁠⁠

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement