Sabtu 11 Mar 2017 17:10 WIB

Rangkuman Data dan Fakta Tes Pramusim F1 di Barcelona

Pembalap Ferrari, Kimi Raikkonen bersama istri, Minttu Virtanen sambil menggendong anaknya, Robin pada sesi tes pramusim di sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, Jumat (10/3). Raikkonen menjadi yang tercepat pada tes pramusim tahun ini.
Foto: AP Photo/Francisco Seco
Pembalap Ferrari, Kimi Raikkonen bersama istri, Minttu Virtanen sambil menggendong anaknya, Robin pada sesi tes pramusim di sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, Jumat (10/3). Raikkonen menjadi yang tercepat pada tes pramusim tahun ini.

REPUBLIKA.CO.ID,BARCELONA – Dengan berakhirnya tes  pramusim F1 2017 di sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol tengah pekan ini, beragam data dan fakta tersaji sebagai bahan pratinjau musim balap jet darat pada tahun ini. Semua tim sekarang telah pulang ke markas masing-masing untuk mempelajari data dan menyiapkan mobil-mobil mereka untuk seri pertama di Australia pada 26 Maret mendatang. Sebelum itu, mari kita simak data-data hasil tes pramusim di bawah ini.

Siapa yang tercepat?

Ferrari memimpin, dengan Kimi Raikkonen sebagai satu-satunya pembalap yang mencatatkan waktu di bawah 1 menit 19 detik untuk satu putaran sirkuit Catalunya. Catatan waktu Kimi itu lebih cepat 3,3 detik dari waktu pole Lewis Hamilton pada 2016. Mercedes, Williams, dan Red Bull semuanya satu detik di belakang Raikkonen. Di baris tengah, Toro Rosso menjadi yang paling cepat. Hanya dua tim yang finis dengan waktu lebih dari dua detik, yakni McLaren dan Sauber.

Catatan: Saat mayoritas pembalap meraih waktu terbaiknya dengan ban jenis ultrasoft, ada pengecualian untuk pembalap-pembalap ini, Raikkonen (supersoft); Bottas (supersoft); Verstappen (supersoft); Stroll (soft).

Siapa yang melaju terjauh?

Banyaknya putaran yang dilahap seorang pembalap mengindikasikan ketahanan mobil dalam setiap tes F1, meski itu belum tentu adalah simpulan hasil tes. Dalam tes pramusim kali ini, jelas bahwa power unit (mesin) Mercedes dan Ferrari menjadi yang paling jauh menempuh jarak tes.

Mesin yang teruji?

...Seperti yang dijelaskan di atas, tim dengan mesin Mercedes (Mercedes, Williams, Force India) menempuh jarak terjauh, diikuti oleh tim yang menggunakan mesin Ferrari (Ferrari, Haas, Sauber). Selangkah di belakang mobil-mobil yang menggunakan mesin Renault (Renault, Red Bull, Toro Rosso),  dan Honda (McLaren) menjadi yang paling di belakang.

Putaran sempurna?

Kimi Raikkonen mencatatkan waktu tercepat pada tes di semua sektor sirkut Catalunya. Dengan akumulasi catatan waktu terbaik dari tiap sektor, Raikkonen bisa menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 18,582 detik, atau 0,052 detik lebih cepat dari catatan waktu sebenarnya yang dia buat pada Jumat (10/3).

 

sumber : F1.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement