Jumat 10 Mar 2017 22:44 WIB

Raikkonen Buktikan Ferrari Kini Ancaman Nyata untuk Mercedes

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Andri Saubani
Pembalap Ferrari, Kimi Raikkonen pada sesi tes pramusim di sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, Jumat (10/3).
Foto: EPA/Toni Albir
Pembalap Ferrari, Kimi Raikkonen pada sesi tes pramusim di sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, Jumat (10/3).

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA – Pembalap Ferrari, Kimi Raikkonen, tampil sebagai yang tercepat pada hari keempat pekan kedua tes pramusim F1 di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Jumat (10/3) WIB. Raikkonen mengalahkan waktu putaran yang sebelumnya dicatatkan oleh rekan setimnya di Ferrari, Sebastian Vettel, pada Kamis (9/3) waktu setempat.

Dilansir dari BBC, Jumat (10/3), pembalap asal Finlandia ini mencatatkan waktu lap 1 menit 18,634 detik pada sesi pagi. Catatan waktu 0,39 detik lebih cepat daripada waktu yang dicatatkan Vettel dan 0,686 detik lebih cepat dari hasil yang dicatatkan pembalap Mercedes lainnya.

Hasil ini setidaknya menunjukkan kesan, bahwa Ferrari bisa menjadi  ancaman nyata pada balapan pertama musim 2017 di Melbourne Australia pada 24-26 Maret mendatang.

Sementara itu, setelah musim dingin yang suram, McLaren-Honda  kembali mengalami masalah di Barcelona kali ini. Pembalap McLaren, Fernando Alonso, mengalami masalah elektrik intermiten yang sama, yang menyebabkan mobil yang dikendarainya mengalami mogok dua kali di trek. Sebelumnya pada Kamis (9/3), rekan setimnya, Stoffel Vandoorne juga mengalami masalah serupa.

Alonso mengakhiri sesi pagi lebih lambat dari 10 pembalap lainya atau 4,1 detik di belakang Raikkonen. Catatan waktu yang dihasilkan oleh Raikkonen adalah  yang paling mengesankan dengan menggunakan ban jenis super soft. Sebelumnya, Vettel menggunakan ban ultra soft yang secara teoritis lebih cepat untuk mengukir waktu terbaiknya.

Di sisi lain, tim Red Bull Racing juga menunjukkan sejumlah kecepatan yang kuat. Yang mana, pembalap mereka, Max Verstappen menyelesaikan sesi uji coba di posisi kedua dengan torehan waktu 1 menit 19,438 detik. Verstappen mencatat waktu 0,4 detik di depan pembalap Mercedes, Valtteri Bottas, yang finis di posisi ketiga. Juara bertahan Lewis Hamilton selanjutnya mengambil alih Mercedes pada sesi uji coba pada sore hari.

Ujicoba pramusim kali ini tidak bisa dijadikan acuan untuk keseluruhan balapan musim ini. Hal itu kerena, ada banyak kemungkinan variabel dalam spesifikasi mobil yang dibentuk masing-masing tim. Namun, Ferrari tampaknya bisa memulai musim dengan mobil yang benar-benar kompetitif untuk pertama kalinya sejak 2008. 

Hasil tes sesi pagi di sirkuit Catalunya, Jumat (10/3). (Sumber: Twitter/@F1)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement