Sabtu 01 Oct 2016 22:14 WIB

Giovinazzi Tercepat, Evans Dapat Empat Poin

Antonio Giovinazzi
Foto: Istimewa
Antonio Giovinazzi

REPUBLIKA.CO.ID, SEOANG — Antonio Giovinazzi tampil brilian pada balapan feature GP2 di Sirkuit Sepang, Malaysia, Sabtu (1/10). Start dari posisi kedua, pembalap Prema Racing yang didukung Jagonya Ayam KFC Indonesia ini finis pertama sekaligus memastikan tempat di podium utama yang kelima kali pada musim ini.

Kemenangan ini juga mengantarkan Giovinazzi ke puncak klasemen pebalap dengan perolehan 189 poin. Pembalap asal Italia ini menggeser rekan setimnya, Pierre Gasly yang pada balapan ini gagal mendapatkan poin karena hanya bisa finis di posisi ke-11.

Gasly yang memulai balapan dari posisi terdepan kehilangan posisi setelah membuat start yang buruk. Ia kini tertinggal 11 poin dari Giovinazzi.

“Balapan yang luar biasa. Tim bekerja dengan baik. Setelah membuat start yang mulus saya terus berupaya menjaga konsentrasi. Kami punya kecepatan mobil yang bagus, sehingga jelang akhir balapan saya bisa kembali merebut posisi terdepan setelah keluar dari pit stop,” kata Giovinazzi yang pada awal tahun ini juga memenangi balapan ketahanan Asian Le Mans Series di Sirkuit Sepang bersama pembalap Indonesia, Muhammad Sean Gelael.

Bagi Giovinazzi, hasil di Sepang merupakan kemenangan kelimanya musim ini. Sebelumnya, dia tampil sebagai yang terbaik pada GP Azerbaijan (feature dan sprint race), GP Belgia (sprint race), dan GP Italia (feature race).

Kemenangan feature race di Sepang menjadi modal kuat Giovinazzi dalam upayanya memperebutkan gelar juara dunia. Balapan GP2 tinggal menyisakan tiga balapan lagi, yakni sprint race di Sepang pada hari Minggu serta dua race di sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, November mendatang.

 

Pembalap Jagonya Ayam lainnya, Mitch Evans juga mendulang poin. Evans yang membawa bendera tim Pertamina Campos Racing mendapat poin empat setelah menyelesaikan balapan di posisi ke delapan. Pencapaian Evans cukup bagus mengingat dia memulai balapan dari posisi 16. 

Momen terbaik Evans pada balapan ini adalah saat merebut posisi kesembilan dengan menyalip Gasly. Evans kini mengemas 85 poin dan berada di peringkat 10 klasemen sementara. Pembalap asal Selandia Baru ini pun berhak start dari posisi terdepan pada balapan sprint, Ahad (2/10).

Sementara itu rekan setimnya, Sean Gelael harus puas finis di posisi ke-16 setelah memulai balapan dari urutan ke-20.

“Memang balapan yang sulit dan selalu tidak mudah jika mengawali balapan dari barisan belakang. Saya sudah berupaya maksimal meski hasilnya tidak terlalu memuaskan. Mudah-mudahan pada balapan kedua hasilnya akan lebih baik karena saya akan memulai balapan dari posisi yang lebih ke depan di urutan 16. Kita lihat apa yang terjadi nanti,” kata Sean.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement