Jumat 30 Sep 2016 20:03 WIB

Red Flag Ganjal Upaya Sean Start di Posisi Bagus

Sean Gelael
Foto: Istimewa
Sean Gelael

REPUBLIKA.CO.ID, SEPANG — Red flag yang dikibarkan menjelang sesi kualifikasi GP2 Malaysia berakhir di Sirkuit Sepang, Jumat (30/9), tak tak menguntungkan Muhammad Sean Gelael. Pembalap tim Pertamina Campos Racing yang didukung Jagonya Ayam KFC Indonesia gagal mencatatkan waktu terbaik karena bannya terlanjur dingin.

Pengawas balap memutuskan mengibarkan bendera merah setelah rekan setim Sean, Mitch Evans tergelincir dan menabrak pembatas lintasan pada tikungan di sektor dua. Akibatnya, semua pembalap, termasuk Sean harus kembali masuk ke pit stop.

Kondisi ini tidak menguntungkan karena waktu sesi kualifikasi hanya tinggal tiga setengah menit sehingga sangat sulit bagi Sean dan pembalap lain mempertajam catatan waktu.

“Tentu sangat tak menguntungkan buat saya. Apalagi, skenario kami memang akan melakukan push setelah masuk pit stop. Sayangnya, saya harus kembali lagi ke pit stop dan tak cukup ideal untuk mempertajam catatan waktu,” kata Sean.

Sebelumnya, Sean sempat membuat catatan waktu satu menit 44, 087 detik. Torehan waktu itu tak lebih baik dari sebagian besar pembalap sehingga Sean hanya menempati posisi ke-20. Catatan waktunya hanya lebih bagus dari pebalap Indonesia lainnya, Philo Paz Patrick Armand. Philo yang membawa bendera tim Trident Racing mencetak waktu satu menit 44,578 detik.

Adapun Evans sempat membuat catatan waktu tercepat satu menit 43,606 detik. Dengan torehan waktu itu, Evans berada di posisi ke-16. Meski mengalami kecelakaan, Evans tidak mengalami cedera yang berarti. Pembalap asal Selandia Baru ini dipastikan tetap ikut balapan feature pada hari Sabtu ini.

Posisi start terdepan diambil pebalap Prema Racing Pierre Gasly. Pebalap asal Perancis ini mengukir catatan waktu tercepat satu menit 42, 181 detik. Tempat kedua diisi rekan setimnya, Antonio Giovinazzi. Pembalap yang juga didukung tim Jagonya Ayam KFC Indonesia ini menorehkan waktu tercepatnya satu menit 42, 263 detik.

Sesi kualifikasi di sirkuit Sepang berlangsung dalam kondisi cuaca yang sangat cerah. Awalnya semua berjalan normal, sebelum berakhir secara dramatis dengan insiden yang dialami Evans. Gasly membuat catatan waktu terbaiknya pada periode pertama sesi kualifikasi. Bagi Gasly ini merupakan pole position yang keempat pada musim ini.

“Saya sangat menyukai sirkuit ini. Mudah-mudahan pada balapan nanti saya mendapatkan setelan mobil yang bagus sehingga saya bisa membalap maksimal. Tentu saya ingin bisa mendapatkan poin di sini. Kita lihat saja apa yang akan terjadi pada balapan nanti,” ujar Sean, yang pada awal tahun ini menjuarai Le Mans Asian Series di sirkuit Sepang bersama Antonio Giovinazzi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement