Jumat 22 Apr 2016 21:32 WIB

Sumsel Siapkan Lahan 120 Hektare untuk Sirkuit MotoGP

Rep: Maspril Aries/ Red: Citra Listya Rini
Balap MotoGP
Foto: REUTERS/Olivia Harris
Balap MotoGP

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Alex Noerdin semakin serius mempersiapkan sirkuit untuk menjadi tuan rumah seri MotoGP pada 2018 mendatang. Setelah ditetapkan Sumsel sebagai tempat penyelenggaran MotoGP oleh Menpora Imam Nahrawi, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel mempersiapkan lahan seluas 120 Hektare di kawasan Jakabaring.

Pada pertemuan antara Badan Pengelola Aset dan Keuangan Daerah (BPKAD) Pemprov Sumsel dengan Komisi I DPRD Sumsel terungkap bahwa lahan tersebut sudah siap dan tidak ada masalah.

“Untuk pembangunan sirkuit MotoGP di Jakabaring sudah tidak ada masalah lagi. Tadi saat pembahasan dengan BPKAD, lahan seluas 120 hektare yang diminta Kementerian Pemuda dan Olahraga sudah tidak ada masalah dan tinggal diajukan permohonan sertifikat ke BPN Sumsel,” kata Anggota Komisi I DPRD Sumsel Elianuddin HB di Palembang, Jumat (23/4).

Menurut anggota DPRD dari Fraksi Partai Nasdem kepada wartawan di DPRD Sumsel, untuk sirkuit MotoGP tersebut merupakan lahan kosong yang berada di sebelah danau Jakabaring Sport City yang tadinya untuk lapangan golf.

“Sirkuit ini nantinya desainnya melewati danau di Jakabaring Sport City dan akan menjadi salah satu sirkuit terindah di dunia,” kata Elianuddin.

Kesiapan lahan seluas 120 Hektare tersebut menurut Elianuddin membantah pernyataan yang menganggap Sumsel tidak siap menjadi tempat penyelenggaraan MotoGP.

Sebelumnya, Gubernur Alex Noerdin merencanakan pembangunan sirkuit MotoGP akan dimulai 2016 dengan target pembangunannya selesai dalam waktu satu tahun, sehingga pada 2018 sirkuit MotoGP di Jakabaring siap digunakan.

“Dana pembangunan sirkuit akan berasal dari pihak ketiga, tidak menggunakan dana APBD atau APBN. Besaran investasinya tengah dihitung, tapi yang jelas mahal,” ujar Gubernur Alex Noerdin.

Menurut Alex Noerdin, Sirkuit Moto GP Sumsel akan didesain menjadi sirkuit terindah di dunia. “Jika sirkuit MotoGP di Hongaria di sebelah kanannya sebelah kanan menyusuri danau, nanti sirkuit MotoGP di Jakabaring, sebagian trek menyusur danau dan akan menjadi salah satu sirkuit MotoGP terindah di dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement