Sabtu 10 Oct 2015 12:01 WIB

Hamilton Optimistis Taklukan Rusia

Rep: Frederik Bata/ Red: Fernan Rahadi
Pebalap Mercedes asal Inggris, Lewis Hamilton, mengangkat trofi usai menjuarai balapan Formula 1 seri GP Jepang di Sirkuit Suzuka, Jepang, Ahad (27/9).
Foto: EPA/Diego Azubel
Pebalap Mercedes asal Inggris, Lewis Hamilton, mengangkat trofi usai menjuarai balapan Formula 1 seri GP Jepang di Sirkuit Suzuka, Jepang, Ahad (27/9).

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Tinggal menunggu waktu gelar Juara Dunia Formula 1 menjadi milik Lewis Hamilton. Pembalap tim Mercedes tersebut duduk nyaman di puncak klasemen sementara.

Hamilton telah mengantongi 277 poin dari 14 balapan. Driver berkebangsaan Inggris itu unggul 48 angka dari saingan terdekatnya Nico Rosberg yang juga rekan setimnya. Terakhir, GP Suzuka di Jepang berhasil ditaklukkannya.

Kini, satu Seri yang harus dilalui sudah di depan mata. Para jagoan jet darat bakal bertarung di Sochi Autodrom, Rusia, Ahad, (11/10). Hamilton optimistis mampu menaklukkan sirkuit sepanjang 5.848 meter itu.

"Saya akan berusaha keras mengeluarkan (kemampuan) yang saya punyai untuk membuat hal itu terjadi," kata Hamilton dikutip dari situs resmi F1, tengah pekan lalu.

Kebetuan, juara dunia dua kali itu memiliki kenangan manis di sochi. Tahun lalu ia menjadi pemenang di sirkuit yang baru dibuka pada September 2014 itu. Ia berhasrat bisa mengulangi kisah serupa."Semoga kami bisa menambah kenangan hebat kami pada akhir pekan ini," ujarnya.

Selain memburu kemenangan, Hamilton mengharapkan ajang olahraga ini mampu menarik animo penonton di negara setempat. Sehingga bisa memberi semangat tersendiri bagi mereka. "Mudah-mudahan para penggemar bisa melihat fasilitas mereka, dan merasakan betapa indahnya Sochi," imbuh driver yang meraih 49 pole position sepanjang kariernya tersebut.

Optimisme yang dirasakan Lewis turut menghinggapi kubu Mercedes secara keseluruhan. Direktur teknis Paddy Lowe mengatakan kemenangan di Suzuka mempertegas keyakinan mereka. sebab sebelumnya, pabrikan asal Inggris ini gagal total kala berjibaku di Singapura.

Kini, Lowe meyakini timnya bakal menaklukkan Rusia. Tahun lalu di arena tersebut Hamilton dan Rosberg finish di urutan dua besar. "Kami berharap bisa memberi pertunjukkan yang baik untuk fans di Rusia," ujarnya.

Masih ada 125 poin yang diperebutkan. Hamilton tetap menjadi unggulan bisa meraih juara dunia yang ketiga kalinya. Setidaknya dengan dukungan tim, sirkuit Sochi Autodrom bisa ditaklukan pembalap berusia 30 tahun itu.

Nama    Negara    Tim    Poin

   

Lewis Hamilton    Britania Raya    Mercedes    277   

Nico Rosberg    Jerman    Mercedes    229   

Sebastian Vettel    Jerman    Ferrari    218   

Kimi Räikkönen    Finlandia    Ferrari    119   

Valtteri Bottas    Finlandia    Williams    111   

Felipe Massa    Brasil    Williams    97   

Daniel Ricciardo    Australia    Red Bull Racing    73   

Daniil Kvyat    Rusia    Red Bull Racing    66   

Romain Grosjean    Prancis    Lotus    44   

Sergio Perez    Meksiko    Force India    39   

Profil Sirkuit Sochi

Berdiri:    Juli 2011

Digunakan:    September 2014

Panjang:    5.848 meter

Tikungan tajam:    19

Rekor Lap Tercepat:    valtteri Bottas, Wiliams, 2014, 1:40.896 detik

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement