Sabtu 05 Oct 2013 18:42 WIB

Vettel Perkasa di Kualifikasi GP Korea

Rep: Umi Lailatul/ Red: Mansyur Faqih
Sebastian Vettel
Foto: thesun.co.uk
Sebastian Vettel

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Pebalap Red Bull-Renault Sebastian Vettel sukses menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi Formula One GP Korea, di Sirkuit Yeongam, Seoul, Korea Selatan, Sabtu (5/10).

Vettel meraih pole setelah mencatatkan waktu satu menit 37,202 detik, unggul 0,2 detik dari pebalap Mercedes Lewis Hamilton yang harus puas di posisi kedua. 

Dengan hasil ini, Vettel berhak start di posisi pertama pada sesi balap, Ahad (6/10). Bagi Vettel, hasil ini menjadi kebanggaan tersendiri karena bisa mengalahkan pesaing terberatnya Lewis Hamilton.

"Saya sempat khawatir akan penampilan impresif Mercedes pada balapan kali ini. Kekhawatiran itu terbukti saat mereka terlihat nyaman menjalani sesi ini," katanya seperti dikutip Crash.net. 

Namun kekhawatiran itu, tak lantas membuat Vettel kehilangan konsentrasi. Ia tetap tenang dan sabar melakoni sesi kualifikasi ketiga. Kesabaran dan ketenangan Vettel itu pun berbuah hasil dengan raihan finish di posisi pertama pada sesi kualifikasi ketiga. "Kami benar-benar senang dengan apa yang kami raih saat ini," ujarnya. 

Pada balapan Ahad, diprediksi akan turun hujan. Namun Vettel mengaku tak terlalu terpengaruh dengan hal itu. "Saya tak masalah dengan cuaca apakah hujan atau tidak. Itu bukan suatu bencana, kami telah mengantisipasinya dengan menyiapkan ban basah," tegasnya. 

Tak hanya hujan, race kali ini juga terancam terganggu topan. Namun, Vettel optimis kendala itu bakal tak terjadi saat balapan. "Angin topan sudah mereda sejak aku tiba awal pekan ini. Saya juga yakin topan telah berubah arah," katanya.  

Sementara itu, nasib berbeda justru dialami rekan setimnya Mark Webber yang harus puas meraih posisi ketiga dengan catatan waktu 01:37,464. Namun pada race nanti, Webber harus start di posisi ke-13 karena terkena hukuman penalti. Nasib kurang beruntung lainnya juga dialami McLaren. Dua pebalapnya Sergio Perez dan Jenson Button gagal finish di 10 besar. 

Perez harus puas finish di urutan 11 sesi kualifikasi dengan catatan waktu 01:38:362. Sementara Button ada di belakangnya dengan catatan waktu 01:38:365. 

Hasil ini menimbulkan kekecewaan tersendiri bagi Button. "Saya cukup frustasi. Ini kualifikasi yang sulit. Saya berharap akan hasil positif di race nanti," ujarnya seperti dikutip Autosport. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement