Sabtu 07 Sep 2013 22:59 WIB

Duo Red Bull Terdepan

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Mansyur Faqih
Pembalap Red Bull memimpin di posisi tedepan GP Formila 1 Sirkuit Monza, Italia
Foto: AP
Pembalap Red Bull memimpin di posisi tedepan GP Formila 1 Sirkuit Monza, Italia

REPUBLIKA.CO.ID, MONZA -- Duo pembalap Red Bull menduduki posisi terdepan di kualifikasi Grand Prix (GP) Formula-1 di Sirkuit Monza, Italia, Sabtu (7/9) malam WIB. Pembalap Sebastian Vettel menjadi yang tercepat dengan catatan waktu terbaik 1 menit 23,755 detik. 

Pemuncak klasemen sementara tersebut mengungguli rekannya, Mark Webber yang memulai balapan dari urutan kedua. Beda waktu keduanya hanya 0,213 detik. Melihat keduanya di posisi terdepan, sangat mungkin balapan kali ini menjadi milik Red Bull. "Pekerjaan bagus," ujar Vettel kepada Autosport.

Posisi ketiga diduduki pembalap Sauber, Nico Hulkenberg dengan catatan 1 menit 24,065 detik. Hasil itu bagi pembalap Jerman tersebut terbilang bagus lantaran ia hanya menduduki posisi ke-14 di klasemen sementara pembalap.

Dua pembalap Ferrari menyegel urutan keempat dan kelima. Posisi keempat diraih Felipe Massa yang membukukan catatan waktu 1 menit 24,132 detik. Ia mengungguli pembalap utama tim Kuda Jingkrak, Fernando Alonso yang mencatatkan waktu 1 menit 24,142 detik.

Pembalap Nico Rosberg bakal memulai balapan dari urutan keenam setelah catatan waktunya tertinggal 0,050 detik dari Alonso. Pembalap Toro Rosso, Daniel Ricciardo mampu membuat kejutan dengan menempati urutan ketujuh.

Dua pembalap McLaren, Sergio Perez dan Jenson Button bakal berurutan memulai balapan dari posisi kedelapan dan kesembilan. Sementara posisi ke-10 diduduki Jean-Eric Vergne dengan catatan waktu 1 menit 28,050 detik.

Juara GP Monza musim lalu, Lewis Hamilton meraih hasil sial lantaran harus memulai balapan dari urutan ke-12. Pembalap asal Inggris itu gagal memulai balapan dari barisan terdepan lantaran mengalami insiden dengan Adrian Sutil.

Pembalap Force-India tersebut ditengarai menghambat laju Hamilton hingga membuat pengawas sirkuit turun tangan untuk melakukan penyelidikan. Jika terbukti Sutil melakukan kesengajaan, bukan tidak mungkin sanksi khusus bakal diberikan kepadanya.

Namun, Hamilton memiliki penilaian tersendiri terkait laju mobilnya yang lambat. Meski merasa diganggu Sutil, ia menilai faktor utama ada dalam dirinya yang yang kurang bisa mengeluarkan performa bagus. "Saya hanya melaju seperti seorang idiot. Saya minta maaf untuk tim," katanya. 

Hingga seri balapan ke-11, Vettel masih menduduki sebagai pemuncak klasemen dengan torehan 172 poin, dan diikuti Alonso yang terpaut 21 angka. Hamilton menduduki urutan ketiga dengan koleksi 139 poin, dan Raikkonen dengan 135 poin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement